Hitstat

24 September 2011

1 Korintus - Minggu 28 Sabtu

Pembacaan Alkitab: 1 Kor. 16:12-24


Kita telah melihat bahwa bagian kedua dari Surat Kiriman ini membahas lima perkara yang berhubungan dengan pemerintahan Allah: kekepalaan, Tubuh, karunia-karunia, kebangkitan, dan harta benda. Pemerintahan Allah memerlukan kekepalaan. Kemudian untuk melaksanakan pemerintahan ilahi di bawah kekepalaan Allah ini, perlu ada Tubuh. Jika Tubuh ingin melaksanakan pemerintahan Allah, maka semua anggota Tubuh perlu karunia untuk berfungsi. Jadi, kita memiliki kekepalaan, Tubuh, dan karunia-karunia, kemampuan-kemampuan. Selain itu, perlu ada kuasa dan kekuatan. Inilah hayat kebangkitan. Hayat kebangkitan ini membuat anggota-anggota itu menunaikan fungsi dengan karunia-karunia mereka, supaya Tubuh dapat beroperasi untuk melaksanakan pemerintahan Allah di bawah kekepalaan-Nya. Butir yang terakhir yang dibahas dalam bagian ini -- uang dan harta benda -- adalah satu ujian untuk membuktikan berapa banyak kita hidup dalam hayat kebangkitan.

Pengujian oleh harta benda yang sangat riil ini adalah satu perkara yang berhubungan dengan hari pertama dalam satu minggu. Hari mengacu kepada kehidupan kita. Cara hidup yang bagaimana yang kita miliki itu tergantung kepada hari apakah yang kita miliki. Jika kita gagal dalam kehidupan kita, ini berarti kita memiliki satu hari kegagalan. Selain itu, jika kita hidup dalam ciptaan lama, kita hidup pada hari ketujuh. Tetapi jika kita hidup dalam hayat kebangkitan, kita akan hidup pada hari pertama dalam satu minggu. Jika kita tidak berada dalam kebangkitan, kita mengabaikan karunia-karunia, Tubuh, dan kekepalaan Allah. Namun, jika kita hidup pada hari pertama dalam satu minggu, yaitu hidup dalam hayat kebangkitan, kita benar-benar berada di bawah kekepalaan Allah, kita berada di dalam Tubuh, dan kita menggunakan karunia-karunia kita dengan cara yang berfaedah. Kemudian kita akan memiliki kehidupan sehari-hari yang mengumumkan kepada alam semesta ini bahwa kita adalah orang-orang yang menempuh kehidupan yang mutlak berada dalam kebangkitan.

Bagi Kristus, musuh yang terakhir ialah maut. Bagi kita, musuh yang terakhir adalah mamon, harta benda. Hayat kebangkitan membuat kita dapat mengatasi kuasa dosa. Kebangkitan juga adalah kuat kuasa bagi Kristus untuk memerintah atas orang-orang yang memberontak dan menaklukkan semua musuh-Nya. Musuh yang terakhir yang akan ditaklukkan oleh-Nya adalah maut. Sebagai kelanjutan dari pasal 15, pasal 16 ini menunjukkan bahwa hayat kebangkitan di dalam kita dapat mengatasi musuh kita yang terakhir -- harta benda.

Puji Tuhan bahwa kita memiliki kekepalaan, Tubuh, karunia-karunia, kebangkitan, dan kemenangan atas harta benda! Kemenangan ini membuktikan bahwa kita hidup dalam hari pertama dalam satu minggu. Kita bukanlah orang-orang yang hidup dalam Sabat, yaitu, dalam ciptaan lama. Kita adalah umat hari Tuhan yang hidup dalam kebangkitan. Oleh hayat kebangkitan, kita telah mengatasi segala sesuatu, dan segala sesuatu berada di bawah kaki kita.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Korintus, Buku 3, Berita 69

No comments: