Hitstat

23 February 2012

2 Korintus - Minggu 22 Kamis

Pembacaan Alkitab: 2 Kor. 7:2-8


Dalam 2 Korintus 7:2-3 Paulus berkata, "Berilah tempat bagi kami di dalam hati kamu! Kami tidak pernah berbuat salah terhadap seorang pun, tidak seorang pun yang kami rugikan, dan kami tidak mencari untung dari seorang pun. Aku berkata demikian, bukan untuk menjatuhkan hukuman atas kamu, sebab tadi telah aku katakan bahwa kamu telah beroleh tempat di dalam hati kami, sehingga kita sehidup semati." Perkataan Paulus di sini mewahyukan perhatiannya yang dalam dan akrab terhadap orang-orang Korintus. Ungkapan ini bukan sekadar sesuatu yang etis, agamawi, rohani, atau penuh kasih. Adalah mungkin mengatakan kasih dan merasakan kasih terhadap orang lain, tetapi tetap tidak memiliki banyak perhatian terhadap mereka. Kasih kita terhadap orang lain haruslah menjadi perhatian kita terhadap mereka. Paulus memiliki perhatian yang demikian terhadap kaum beriman di Korintus.

Seorang ibu bukan hanya memiliki kasih terhadap anaknya; ia juga memiliki perhatian yang dalam. Hanya perempuan yang memiliki perhatian yang demikian yang layak menjadi seorang ibu yang tepat. Seorang perempuan mungkin saja berpendidikan rendah, tetapi jika ia memiliki perhatian yang dalam terhadap anak-anaknya, maka ia layak menjadi seorang ibu yang baik. Memang, pengetahuan dan kecakapan sangat membantu, tetapi hal-hal itu bukan prasyarat. Prasyarat satu-satunya untuk menjadi seorang ibu yang baik adalah perhatian. Sama prinsipnya dengan memperhatikan gereja. Tidaklah memadai bila penatua hanya mengasihi gereja. Kasih ini harus menjadi perhatian yang dalam, yaitu perhatian terhadap semua orang muda dan orang-orang yang lemah. Perhatian ini membuat jerih lelah kita berbuah. Kita semua memerlukan perhatian yang demikian akrab terhadap orang lain.

Dalam ayat 8 Paulus selanjutnya berkata, "Jadi, meskipun aku telah menyedihkan hatimu dengan suratku itu, namun aku tidak menyesalkannya. Memang pernah aku menyesalkannya, karena aku lihat bahwa surat itu menyedihkan hatimu -- kendatipun untuk seketika saja lamanya." Kata "surat" mengacu kepada surat rasul yang pertama kepada orang-orang Korintus. Perkataannya mengenai menyesal menunjukkan bahwa rasul tidak hanya berani dan berterus terang menegur kaum beriman di dalam surat pertamanya, tetapi juga akrab dan lembut terhadap mereka. Kata-kata "menyedihkan hatimu" dalam ayat 8 ini menunjukkan bahwa surat rasul yang pertama kepada kaum beriman di Korintus telah membuahkan hasil bagi mereka.

Ayat 8 ini benar-benar memiliki unsur kelembutan. Paulus berkata, "Jadi, meskipun aku telah menyedihkan hatimu dengan suratku itu, namun aku tidak menyesalkannya." Di sini ada kelembutan. Tetapi misalnya Paulus berkata, "Dalam menulis surat yang pertama kepadamu, aku tidak melakukan apa pun yang salah dan aku tidak menyesalkannya." Cara pembicaraan yang demikian tentunya akan menyakitkan. Namun, Paulus tidak mengekspresikan dirinya dengan cara demikian. Ia membuat perkataannya lunak dengan menambahkan frase "meskipun". Dengan cara ini Paulus mengekspresikan perasaannya yang lembut terhadap kaum beriman.

Kita perlu terkesan dengan fakta bahwa cara pembicaraan Paulus dalam ayat ini lembut dan manis. Karena itu, tidak peduli apa yang ia katakan, ia tidak akan membuat sakit hati. Ekspresi yang dipakai Paulus dalam ayat 8 ini tidak akan menyakiti orang lain. Perkataannya tidak keras dan pahit, melainkan lembut dan manis.


Sumber: Pelajaran-Hayat 2 Korintus, Buku 3, Berita 45

No comments: