Hitstat

04 March 2008

Markus Volume 1 - Minggu 3 Rabu

Disembuhkan untuk Melayani
Markus 1:31
Ia pergi ke tempat perempuan itu, dan sambil memegang tangannya Ia membangunkan dia, lalu lenyaplah demamnya. Kemudian perempuan itu melayani mereka.

Ayat Bacaan: Mat. 9:35; Mrk. 1:31

Sebagaimana cahaya terang membatalkan kegelapan, demikian juga kesembuhan membatalkan kematian. Semua penyakit, semua kelemahan, mengarah kepada kematian. Karena itu, disembuhkan adalah ditolong dari kematian. Sebagai Penyembuh, Kristus menyembuhkan penyakit dan kelemahan kita. Matius 9:35, mengatakan, “...segala penyakit dan kelemahan.” Ini melambangkan penyakit rohani.
Markus 1:31 menceritakan ibu Simon yang sakit demam. Penyakit adalah akibat dari dosa dan menunjukkan suatu kondisi yang tidak normal. Demam, menandakan suatu keadaan yang tidak stabil. Hari ini di dalam kehidupan kristiani kita sebenarnya juga demikian. Ada banyak ketidaknormalan, ketidakstabilan, terutama di dalam emosi kita. Sedikit ada perkataan yang tidak menyenangkan, pekerjaan tidak selesai, anak-anak yang nakal dapat membuat temperamen kita naik. Dalam pelayanan disinggung sedikit sudah tidak mau melayani. Ini adalah kondisi yang kasihan dimana banyak orang telah menjadi “demam”.
Bagaimana orang yang demam (tidak normal) dapat melayani? Dapat dipastikan bahwa orang-orang yang dilayani pun akan mengalami ketidaknormalan atau “demam”. Oleh sebab itu setiap orang memerlukan Sang Penyembuh sejati yang dapat melepaskan kita dari “demam” rohani ini. Ketika kita disembuhkan dari demam ini maka kita dengan otomatis akan melayani seperti yang dilakukan oleh ibu mertua Simon.
Kemudian bagaimana kita dapat disembuhkan dari sakit ini? Kita memerlukan Tuhan untuk mengulurkan tangan-Nya menjamah kita. Di pihak Tuhan tidak ada masalah, namun bagaimana di pihak kita? Apakah kita mau terbuka terhadap jamahan Tuhan dan membiarkan Dia menyembuhkan kita? Semoga melalui kesembuhan kita, kita dapat memiliki pelayanan yang sehat di dalam kehidupan gereja dan di hadapan Tuhan. Ingatlah, hasil dari kesembuhan dari segala penyakit rohani, adalah membuat kita melayani Tuhan.

No comments: