Hitstat

08 March 2008

Markus Volume 1 - Minggu 4 Minggu

Melayani dalam Koordinasi
Markus 2:3
Ada orang-orang datang membawa kepada-Nya seorang lumpuh, digotong oleh empat orang

Ayat Bacaan: Pkh. 4:12; Mrk. 2:3

Setibanya Yesus di Kapernaum, datanglah banyak orang dari berbagai tempat hendak menemui Yesus. Di antara orang banyak itu terdapat seorang lumpuh yang digotong oleh empat orang. Tetapi karena orang banyak itu, mereka tidak dapat membawanya kepada Yesus. Mereka lalu membuka atap dan menurunkan tilam, tempat orang lumpuh itu terbaring.
Orang yang lumpuh ini melambangkan seorang berdosa yang lumpuh karena dosa, orang yang tidak mampu berjalan, dan bergerak di hadapan Allah. Kegairahan mereka dalam mencari penyembuhan dari Hamba-Penyelamat memaksa pencari-pencari itu mendobrak rintangan. Kemudian melalui atap mereka menurunkan tempat tidur, kasur atau tilam kecil, di mana orang sakit itu berbaring. Hasil dari kerjasama keempat orang itu membuat orang lumpuh itu datang kepada Tuhan dan dipulihkan.
Bila kita memiliki empat orang rekan rohani yang mendukung kita dari setiap arah, kita tidak akan jatuh, meskipun kondisi kita lemah. Bila seseorang berdiri sendiri, dia mungkin akan dapat ditangkap oleh musuh. Merupakan hal yang baik bagi empat atau lima saudara berkumpul bersama-sama sebagai rekan rohani. Marilah kita saling menjadi rekan rohani satu dengan yang lainnya agar kerohanian kita terjaga dan terbina dengan baik.
Berkoordinasi dalam pelayanan akan menghasilkan api injil yang besar, Oleh karena itu dalam menempuh hidup gereja bersama-sama, kita dapat membuka rumah dan pergi keluar merawat kaum imani yang lemah, serta menginjil bersama. Pengkhotbah 4:12 berkata, “tali tiga lembar tidak mudah diputuskan.” Bila seorang memiliki empat orang rekan rohani, mereka berlima akan menjadi seutas tali lima ganda. Pemberitaan Injil dari kelima orang ini akan memiliki kekuatan. .
Kita harus mohon kepada Tuhan untuk memiliki empat atau lima orang rekan rohani. Dengan diri sendiri kita tidak mampu melakukan banyak hal, tetapi ketika kita memiliki empat orang rekan rohani, kita akan mampu melakukan banyak hal. Dengan jalan demikian Tuhan akan mendapatkan kemuliaan.

No comments: