Hitstat

02 March 2008

Markus Volume 1 - Minggu 3 Senin

Menjadi Penjala Manusia
Markus 1:17
Yesus berkata kepada mereka: “Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.”

Ayat Bacaan: Mrk. 1:17; Luk. 5:10; Mat. 4:19; Kis. 2:38; 11:15

Dalam Lukas 5:10 Tuhan Yesus berkata kepada Simon, “Jangan takut, mulai sekarang engkau akan menjala manusia.” Ini adalah panggilan Tuhan kepada Petrus melalui suatu mujizat dalam hal menjala ikan. Kata Yunani untuk “menjala” adalah zogreo, yang terdiri atas zoos, hidup dan agreuo, menangkap; jadi artinya, menangkap hidup-hidup, menangkap tawanan perang hidup-hidup, bukan membunuhnya. Para nelayan biasanya menangkap ikan untuk mematikannya. Tetapi Petrus dipanggil Tuhan untuk menjadi penjala manusia (Mat. 4:19) untuk menjala manusia supaya membuatnya hidup, mendapatkan hayat (Kis. 2:38; 11:15).
Ketika Petrus dan Andreas dipanggil oleh Tuhan, mereka sedang menebarkan jala ke laut. Tuhan memanggil mereka untuk mengikuti-Nya dan berjanji akan menjadikan mereka penjala manusia. Jika kita mengikuti Tuhan kita harus menjadi penjala manusia! Inilah pekerjan kita yang utama. Kita harus menjadi penjala–penjala manusia, yang membawa orang-orang kepada Kristus dan ke dalam perhimpunan kelompok. Untuk ini kita harus berjerih lelah untuk mengontaki semua teman dan tetangga-tetangga kita.
Kita harus ingat bahwa dalam jerih lelah Injil, kita adalah penjala manusia (Mat. 4:19). Hari ini memberitakan Injil bukan lagi dilakukan oleh penginjil saja, tetapi dilakukan oleh semua orang Kristen. Jalan paling praktis bagi kita bisa menjadi penjala manusia adalah dengan berdoa, setiap hari pergi menjenguk dan memberitakan injil. Memang pengalaman pribadi kita harus diperdalam, tetapi setiap orang tetap perlu melakukan pekerjaan pemberitaan Injil. Tidak boleh dengan menuntut kerohanian sebagai alasan, lalu tidak memberitakan Injil. Sebaliknya setiap orang yang penuntutan hayat rohaninya semakin dalam, pasti semakin baik juga dalam pemberitaan Injil. Dengan ini barulah pekerjaan gereja yang sempurna dapat dinyatakan. Hendaklah kita menjadi orang yang seimbang, bukan hanya di dalam berdoa dan membaca Alkitab di rumah, tetapi juga pergi ke luar, menjadi penjala manusia.

No comments: