Hitstat

31 May 2008

Markus Volume 4 - Minggu 4 Minggu

Tiga Penghalang untuk masuk Kerajaan Allah
Matius 6:33
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu (Tl.).

Ayat Bacaan: Gal. 2:20; Mrk. 10:2-31

Di dalam Markus 10:2-31 ada tiga hal yang dibahas: pernikahan, keusangan, dan kekayaan. Hal-hal ini berkaitan dengan Kerajaan Allah. Secara khusus, hal-hal ini berkaitan dengan masuknya kita ke dalam kerajaan. Jika kita mau masuk ke dalam Kerajaan Allah, kita perlu Kristus menjadi pengganti kita (Gal. 2:20). Kita juga perlu menerapkan kematian-Nya di dalam menanggulangi alamiah, daging kita, juga menikmati kebangkitan-Nya terhadap situasi dan keadaan yang kita alami.
Menurut apa yang diwahyukan mengenai hati manusia di dalam Markus pasal tujuh, kita secara batiniah tidak bersih, tidak bersih di dalam hati kita. Hati kita adalah komposisi dari hal-hal najis. Karena hati kita berada di dalam kondisi yang sedemikian, kita perlu digantikan oleh Kristus, membiarkan-Nya hidup melalui kita. Di samping itu, kita perlu diakhiri melalui kematian-Nya, dan kita perlu kebangkitan-Nya untuk membawakan Tuhan sendiri sebagai suplai hayat kita, sebagai roti hayat kita yang sejati.
Mempelajari Alkitab bukan hanya perkara menggunakan pikiran alamiah kita untuk membaca huruf hitam di atas kertas putih. Jika kita ingin melihat visi yang diwahyukan dan disampaikan oleh perkataan kudus, kita perlu terang ilahi. Kita juga perlu sejumlah pengalaman di dalam Tuhan. Jika kita kekurangan terang ilahi dan jika kita kekurangan pengalaman, kita tidak akan mampu nampak banyak di dalam firman, bahkan mungkin tidak nampak apa-apa. Syukur kepada Tuhan karena menunjukkan kepada kita sesuatu yang ajaib mengenai Kristus serta kematian dan kebangkitan-Nya sebagai pengganti kita. Ini adalah hal yang tidak mampu dipahami pikiran alamiah kita. Untuk nampak hal ini, kita perlu terang surgawi dan pengalaman rohani.
Untuk masuk ke dalam kerajaan yang akan datang, kita perlu dengan tepat menangani tiga hal ini. Kita perlu memperhatikan masalah pernikahan sesuai dengan ketetapan Allah, kita perlu dijaga agar tidak menjadi usang secara rohani, dan kita perlu menangani harta kita dengan cara yang tepat. Hal-hal ini yang akan menentukan apakah kita masuk dalam kerajaan kelak.

No comments: