Hitstat

17 December 2008

Lukas Volume 3 - Minggu 4 Kamis

Jangan Takut Ditolak
Lukas 10:16
Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku.

Ayat Bacaan: Luk. 10:6, 10-16

Mengapa banyak anak-anak Allah (murid-murid Tuhan) takut atau enggan memberitakan Injil? Kalau kita bertanya kepada mereka, tentu kita akan menjumpai berbagai jenis alasan. Namun dibalik berbagai alasan tersebut, sebenarnya hanya ada satu alasan mengapa enggan memberitakan Injil, yaitu takut ditolak. Sebenarnya setiap kita memiliki masalah tersebut. Menurut pilihan alamiah kita, kita lebih senang bila orang menerima kita, mendengarkan pemberitaan kita dengan baik. Tetapi Tuhan berkata, “Barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku” (Luk. 10:16b).
Dalam Lukas 10:10-16 kita nampak keseriusan hal menolak orang-orang yang diutus oleh Manusia-Penyelamat. Mengenai kota yang menolak orang-orang yang diutus oleh Tuhan, Dia berkata, “Aku berkata kepadamu: Pada hari itu Sodom akan lebih ringan tanggungannya daripada kota itu.” Ini menunjukkan bahwa menolak orang-orang yang diutus Tuhan akan mendatangkan lebih banyak hukuman daripada yang ditimpakan atas Sodom.
Kalau kita memberitakan Injil dan orang menolak kita, sebenarnya mereka bukan menolak kita, tetapi menolak Tuhan sendiri karena Dialah yang mengutus kita pergi. Pemberitaan Injil adalah suatu peperangan rohani. Sebelum kita pergi memberitakan, Iblis biasanya akan menakut-nakuti kita dengan pikiran bahwa kita akan ditolak. Iblis berusaha membohongi kita dengan kekuatiran kalau-kalau orang yang kita Injili akan menolak atau memarahi kita. Iblis berusaha sekuatnya agar kita tidak jadi pergi. Saudara saudari, jangan tertipu oleh dusta Iblis ini. Ingat, di luar sana tuaian sudah menguning! Perkataan Tuhan inilah yang paling benar. Kita harus percaya perkataan Tuhan ini.
Tuhan juga berkata bahwa jika orang menolak kita, damai sejahtera yang Tuhan berikan akan kembali kepada kita (Luk. 10:6). Penolakan tidak akan mendatangkan kerugian bagi kita, malah membuat damai sejahtera Tuhan semakin melimpahi kita. Karena itu, janganlah takut memberitakan Injil, jangan takut ditolak orang. Kalau Tuhan berkata tuaian banyak dan sudah menguning, berarti memang demikian. Kita perlu dengan iman, pergi menuai tuaian itu.

No comments: