Hitstat

23 December 2008

Lukas Volume 4 - Minggu 1 Rabu

Merawat dan Membawa Kita ke Penginapan
Lukas 10:34b
Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya.

Ayat Bacaan: Luk. 10:34; 1 Kor. 1:7; 1 Yoh. 2:27; 2 Kor. 3:17-18; Ef. 4:23; Tit. 3:5

Minyak dan anggur yang orang Samaria tuangkan ke atas luka-luka orang yang dirampok, dipukuli, dan ditinggalkan setengah mati itu, melambangkan Roh Kudus dan hayat ilahi yang Tuhan curahkan ke dalam kita. Roh Kudus dan hayat ilahi adalah karunia awal yang diterima oleh semua kaum beriman (1 Kor. 1:7). Roh yang Tuhan curahkan juga adalah Roh yang mengurapi kita (1 Yoh. 2:27), memerdekakan kita (2 Kor. 3:17), mengubah kita (2 Kor. 3:18), memperbarui kita (Ef. 4:23; Tit. 3:5), dan menguduskan kita (1 Ptr. 1:2; 2 Tes. 2:13).
Penyelamatan orang Samaria yang murah hati itu tidak hanya berhenti pada membalut dan menyirami luka-luka dengan minyak dan anggur, tetapi juga membawa orang yang malang itu ke dalam penginapan (Luk. 10:34). Bayangkan apa jadinya bila orang yang malang itu tetap dibiarkan terbaring di pinggir jalan, bukankah dia akan kepanasan di bawah terik matahari, atau kehujanan, kedinginan, dan tanpa perlindungan? Tetapi puji Tuhan, dalam keselamatan-Nya, Tuhan tidak meninggalkan kita di pinggir jalan. Dia membawa kita ke penginapan, yang melambangkan kehidupan gereja.
Gereja adalah sebuah “penginapan” yang melaluinya Tuhan merawat kita lebih lanjut. Mengapa Dia harus membawa kita ke dalam kehidupan gereja? Sebab hanya di dalam kehidupan gerejalah kita dapat secara riil mengalami kelimpahan Roh itu yang mengurapi, memerdekakan, mengubah, memperbarui, dan menguduskan kita. Selain itu, di dalam gereja kita mendapatkan perlindungan rohani yang terbaik sampai Tuhan datang kembali.
Lukas 10:35 mengatakan, “Keesokan harinya ia mengeluarkan dua dinar dan memberikan kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali.” Ayat ini menunjukkan bahwa Tuhan memberkati gereja, memberikan karunia kepada gereja, untuk merawat orang berdosa yang baru diselamatkan. Apabila pada zaman ini gereja “membelanjakan” lebih banyak dari apa yang Tuhan beri, maka Tuhan akan menggantinya pada waktu Dia datang kembali. Haleluya, kita patut memuji Tuhan atas karya penyelamatan-Nya yang ajaib atas kita!

No comments: