Hitstat

05 June 2010

Kisah Para Rasul Volume 8 - Minggu 1 Minggu

Pekerjaan Allah di antara Bangsa-bangsa Lain
Kisah Para Rasul 21:19
Paulus memberi salam kepada mereka, lalu menceritakan dengan terperinci apa yang dilakukan Allah di antara bangsa-bangsa lain melalui pelayanannya.

Ayat Bacaan: Kis. 21:17-20; 22:15; 1 Yoh. 4:14

Kedatangan Paulus dan sekerjanya di Yerusalem adalah akhir perjalanan ministri Paulus di kali ketiga. Ketika mereka tiba di sana, semua saudara seiman menyambut mereka dengan senang hati (Kis. 21:17). Pada keesokan harinya mereka mengunjungi Yakobus dan semua penatua di Yerusalem telah hadir di situ, maka Paulus menceritakan dengan terperinci apa yang dilakukan Allah di antara bangsa-bangsa lain melalui pelayanannya (Kis. 21:18-19). Setelah mendengar hal itu, mereka memuliakan Allah (Kis. 21:20). Paulus bersaksi di depan para penatua perihal apa yang telah dia lihat dan dia dengar di dalam ministrinya (Kis. 22:15), yaitu perbuatan Allah di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi. Dan hasilnya adalah semua orang yang mendengarnya memuliakan Allah. Inilah makna yang sejati dari bersaksi.
Dalam Kisah Para Rasul 22:15 Tuhan menyuruh Ananias memberitahu Saulus, ”Sebab Engkau harus menjadi saksi-Nya terhadap semua orang tentang apa yang kaulihat dan yang kaudengar.” Jadi, dasar kesaksian ialah apa yang kita lihat dan apa yang kita dengar. Anda tidak dapat bersaksi atas perkara yang tidak Anda lihat dan tidak Anda dengar. Satu Yohanes 4:14 menerangkan bahwa kesaksian ini ialah ”Kami telah melihat dan bersaksi bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia.” Apa yang kita lihat, itulah yang kita saksikan. Syukur kepada Allah, Anda telah percaya kepada Tuhan, Anda telah bertemu dengan Dia, percaya kepada-Nya, menerima-Nya, dan memperoleh-Nya. Anda adalah orang yang telah diselamatkan, telah dilepaskan dari dosa, telah beroleh pengampunan, dan telah beroleh damai sejahtera. Setelah Anda percaya kepada Tuhan, Anda adalah orang yang bersukacita; sukacita semacam ini tidak pernah Anda miliki sebelumnya. Dulu pikulan dosa menekan Anda demikian beratnya, tetapi sekarang syukur kepada Allah, pikulan dosa yang berat itu telah lucut. Anda adalah orang yang telah melihat dan mendengar. Apakah yang seharusnya Anda lakukan sekarang? Hari ini, Anda harus bersaksi atas apa yang Anda lihat dan dengar kepada keluarga, teman-teman, dan semua kenalan Anda, dan membawa orang-orang itu ke hadapan Tuhan.

Banyaklah yang telah Kaulakukan, ya TUHAN, Allahku, perbuatan-Mu yang ajaib dan maksud-Mu untuk kami...Aku mau memberitakan dan mengatakannya… (Mzm. 40:6)

No comments: