Hitstat

29 June 2010

Kisah Para Rasul Volume 8 - Minggu 4 Rabu

Ada Kebangkitan Semua Orang Mati
Kisah Para Rasul 24:15
Aku menaruh pengharapan kepada Allah, sama seperti mereka juga, bahwa akan ada kebangkitan semua orang mati, baik orang-orang yang benar maupun orang-orang yang tidak benar.

Ayat Bacaan: Kis. 24:15; Why. 20:4-6; Flp. 3:11; Dan. 12:2b; Why. 20:11-15

Kebangkitan orang benar yang adalah kebangkitan kepada hidup, juga meliputi kebangkitan yang pertama, atau yang terbaik (Why. 20:4-6). Ini bukan hanya kebangkitan kepada hayat, tetapi juga kebangkitan untuk pahala, kebangkitan yang unggul, kebangkitan yang luar biasa yang dituntut oleh Rasul Paulus (Flp. 3:11), tetapi juga orang-orang hidup yang terangkat, seperti buah sulung dalam Wahyu 14:1-5. Sedangkan kebangkitan orang-orang yang tidak benar akan terjadi setelah Kerajaan Seribu Tahun (Why. 20:5), yakni kebangkitan kepada penghakiman (Yoh. 5:29) bagi orang-orang yang tidak percaya setelah Kerajaan Seribu Tahun (Why. 20:5, 12). Semua orang tidak percaya yang mati akan dibangkitkan setelah seribu tahun untuk dihakimi di takhta putih besar (Why. 20:11-15). Maka, kebangkitan ini disebut kebangkitan penghakiman. Inilah kebangkitan yang mengenainya Rasul Paulus memperingatkan Feliks yang tidak benar dalam Kisah Para Rasul 24:15. Perkataan Paulus menunjukkan bahwa Feliks harus mempersiapkan diri sendiri untuk menghadapi kebangkitan kepada penghakiman yang akan datang.
Ada peribahasa kelompok Epikuros yang dikutip Paulus, “Jika orang mati tidak dibangkitkan, maka marilah kita makan dan minum, sebab besok kita mati”. Jika tidak ada kebangkitan, kita kaum beriman tidak berpengharapan untuk masa depan, dan telah menjadi orang yang paling kasihan dari semua manusia (ayat 19). Hari ini banyak orang menuntut kekayaan dunia, mendambakan kemodernan dunia, ini berarti mereka sedang “pesta pora”. Mereka tenggelam di dalamnya seperti kemabukan. Hati mereka tertekan oleh kepentingan masa kini. Kita mungkin menghadiri suatu perhimpunan gereja, tetapi hati kita tidak di dalam perhimpunan karena hati kita diduduki oleh hal-hal duniawi.
Sebagai orang Kristen, kita harus sadar. Kita tidak boleh seperti orang-orang Epikuros, yang hanya ingin menikmati hidup dan tidak memperhatikan hari esok. Setiap orang yang mengatakan tidak ada kebangkitan itu tidak benar terhadap Allah dan terhadap manusia. Kita perlu berjaga-jaga setiap saat, memohon agar kita bisa menang untuk luput dari semua yang akan terjadi dan tahan berdiri di hadapan Kristus (Luk. 21:36).

Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua itu, dan tahan berdiri di hadapan Anak Manusia. (Luk. 21:36)

No comments: