Hitstat

03 November 2010

Roma Volume 3 - Minggu 2 Kamis

Dibebaskan dari Dosa
Roma 6:6
Karena kita tahu bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.

Ayat Bacaan: 2 Kor. 1:8-10

Roma 5 mewahyukan bahwa kita telah tersusun menjadi orang-orang dosa, dan Roma 6:6 mewahyukan bahwa “tubuh dosa” telah “dibuat tidak aktif/menganggur”, karena manusia lama kita telah disalibkan bersama dengan Kristus. Melalui kematian manusia lama, kita dibebaskan dari dosa. Kita dibebaskan dari dosa karena manusia lama kita telah disalibkan. Kematian manusia lama telah membuat tubuh dosa ini menjadi menganggur, dibuat tidak aktif. Karena tubuh dosa telah kehilangan pekerjaannya, maka kita tidak perlu lagi melayani dosa sebagai hamba-hambanya.
Namun banyak orang Kristen tidak dapat mengalami dibebaskan dari dosa dan menang atas dosa-dosa, hal ini dikarenakan mereka tidak tahu bagaimana menggunakan tekanan dosa. Ketika dosa-dosa menekan mereka, mereka jatuh ke dalam keputusasaan karena tekanan itu, mereka tidak menggunakan tekanan itu untuk berseru kepada nama Allah dan memohon kelepasan dari Dia. Beberapa orang beriman sering mengeluh bahwa pikiran yang kotor sering melintasi pikiran mereka dan sering kali mereka tidak dapat menghentikan pikiran yang kotor itu. Mereka tahu bahwa ini tidak baik, tetapi mereka tidak menentangnya dan tidak menemukan kekuatan untuk berdoa kepada Allah tentang hal ini. Jika mereka memikirkan hal ini sekali, dua kali, ratusan kali, dan menolaknya sekali, dua kali, ratusan kali, dan menemukan diri mereka gagal dan gagal lagi, bertobat kepada Allah, dan merasa kecewa atas kegagalan ini, kemudian mereka akan menyadari bahwa tekanan dosa itu sangat besar, dan akhirnya, mereka tidak dapat bertoleransi terhadap dosa itu, bahkan untuk lima menit saja mereka tidak bisa menunggu lagi. Saat itu mereka akan mendapatkan iman dan kekuatan untuk menang atas dosa-dosa mereka.
Ingatlah, tekanan menghasilkan kekuatan. Mari kita memalingkan semua tekanan yang kita hadapi dalam hidup sehari-hari kita menjadi kekuatan, sehingga kita dapat maju ke depan dan menang atas dosa-dosa kita. Ingatlah, seorang beriman yang memiliki kekuatan, bukan berarti mereka memiliki kekuatan dari luar yang lebih besar daripada yang mereka miliki; tetapi mereka tahu bagaimana menggunakan tekanan yang menimpa dirinya.

... supaya kami jangan menaruh kepercayaan pada diri kami sendiri, tetapi hanya kepada Allah yang membangkitkan orang-orang mati. (2 Kor. 1:9)

No comments: