Hitstat

18 November 2010

Roma Volume 3 - Minggu 4 Jumat

Diselamatkan dalam Hayat dari Alamiah
Roma 12:2
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Ayat Bacaan: Rm. 8:28

Selain diselamatkan dari dosa dan dunia, kita perlu diselamatkan di dalam hayat dari alamiah. Ini berarti bahwa kita perlu dipengubahan. Kita bukan hanya memerlukan satu perubahan yang di luar, melainkan juga satu perubahan yang di dalam. Perubahan yang di dalam ini disebut pengubahan. Satu elemen yang baru, elemen yang ilahi, kudus, surgawi, harus ditambahkan kepada elemen alamiah kita untuk menghasilkan satu perubahan metabolik, perubahan organik. Hasil dari perubahan ini adalah pengubahan.
Misalnya seseorang dengan wajah pucat memakai make up pada wajahnya untuk memperbaiki warna wajahnya. Perubahan yang demikian adalah yang di luar/lahiriah; ini mutlak bukan hasil dari pengubahan yang di dalam. Cara yang paling baik untuk memperbaiki warna wajah kita bukanlah dengan memakai make up melainkan dengan makan makanan yang bergizi. Makanan ini akan membuat satu perubahan organik yang akhirnya akan memperbaiki warna wajah kita. Cara Allah itu berbeda. Pertama-tama, Dia tidak memperhatikan penampilan lahiriah kita, melainkan memperhatikan apa adanya kita secara organik. Perubahan ini adalah pengubahan. Dengan pengubahan yang di dalam, maka penampilan lahiriah kita akan berubah.
Seorang hamba Tuhan, Witness Lee pernah bersaksi demikian, “Kadang-kadang saya dicobai untuk menjadi tidak sabar terhadap kelambatan saudara-saudara atau terhadap kesalahan yang mereka buat di bawah kedaulatan Tuhan. Pada waktu demikian, Roh yang berhuni mengingatkan bahwa semuanya ini adalah bagi pengubahan saya.” Segala sesuatu bekerja sama bagi pengubahan kita. Marilah kita menempatkan diri kita ke dalam tangan pengubahan Allah dan membiarkan Dia mengerjakan pekerjaan pengubahan-Nya di dalam kita. Kita yang telah menikah, memiliki istri atau suami yang kita perlukan untuk pengubahan kita. Semua orang yang kekasih di dalam kehidupan gereja diperlukan untuk pengubahan kita. Tuhan itu berdaulat, dan kita harus menyembah Dia untuk kedaulatan-Nya. Dia tidak pernah salah. Kita perlu pengubahan ini supaya diselamatkan dari alamiah kita.

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia (Rm. 8:28a)

No comments: