Hitstat

25 April 2020

Yohanes - Minggu 23 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Yoh. 20:14-31; Luk. 24:49
Doa baca: “Lihatlah, Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi.” (Luk. 24:49)


Janji Bapa tentang Roh Itu


Setelah Tuhan bangkit, sebelum naik ke surge secara terbuka, Ia mengingatkan murid-murid tentang janji Allah. Yang digenapkan pada hari kebangkitan Tuhan adalah janji tentang Roh Kudus sebagai hayat dan kebenaran (realitas). Yang digenapkan pada hari Pentakosta ialah tentang Roh Kudus sebagai kuat kuasa. Injil Lukas dan Kitab Kisah Para Rasul, keduanya ditulis oleh Lukas. Jalur Injil Lukas adalah untuk pekerjaan, jalur kekuasaan; sedangkan jalur Injil Yohanes adalah untuk hayat, jalur hayat. Dalam jalur Injil Lukas, Roh Kuasa diumpamakan juga sebagai “tiupan angin keras” (Kis. 2:2). Dalam Injil Yohanes, Roh hayat diumpamakan sebagai ”hawa udara.” Udara bukan untuk kekuasaan, melainkan untuk hayat.

Yesus adalah Roh, maka bisa diterima ke dalam murid-murid-Nya, seperti “aliran-aliran air hidup” mengalir keluar dari dalam mereka (Yoh. 7:38-39). Yesus adalah Roh itu, maka melalui mati dan bangkit kembali, Ia menjadi Penolong, yang tinggal di dalam mereka (14:16-17). Yesus adalah Roh itu, Ia bisa tinggal dalam murid-murid dan murid-murid bisa tinggal di dalam Dia (14:20; 15:4- 5). Yesus adalah Roh itu, maka bisa bersama Bapa datang kepada orang yang mengasihi-Nya, bersamanya mengatur tempat tinggal (14:23). Yesus adalah Roh itu, segala apa adanya Dia, dan segala milik-Nya bisa direalisasikan oleh muridmurid (16:13-16). Yesus adalah Roh itu, Ia bisa berhimpun bersama saudara-saudara-Nya (gereja). Yesus adalah Roh itu, Ia menjadi hayat dan segala sesuatu mereka, yang diutus untuk amanat-Nya, sebagaimana Bapa mengutus Dia (20:21). Demikianlah murid-murid bersyarat mewakili Dia dengan kuasa-Nya di dalam persekutuan TubuhNya (20:23) untuk melaksanakan amanat-Nya. Hari ini kita adalah perbanyakan-Nya, kita juga bersyarat untuk melaksanakan amanat-Nya.


Sumber: Pelajaran-Hayat Yohanes, Buku 3, Berita 46

No comments: