Hitstat

21 May 2005

1 Yohanes Volume 2 - Minggu 1 Sabtu

Antikristus
1 Yohanes 2:18
"Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir."

Seperti yang telah kita bahas, bagi barangsiapa yang mengasihi hal-hal material menurut keinginan nafsu mereka, Satan akan muncul mengenakan kedok dunia. Tetapi barangsiapa yang memelihara hal-hal agamawi, filsafat, atau doktrin, Satan akan datang dengan kedok yang lain - kedok antikristus dengan ajaran-ajaran bidahnya.
Menurut satu Yohanes, antikristus adalah mereka yang anti terhadap Kristus, yaitu Dia yang diurapi sebagai Putra Allah. Sebenarnya dalam Perjanjian Baru orang yang melanggar hukum tidak disebut antikristus. Sebutan ini hanya ditemukan di dalam 1 dan 2 Yohanes, yang digunakan untuk menunjukkan orang yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus, yakni orang yang menyangkal bahwa Yesus adalah Yang Diurapi sebagai Putra Allah. Menurut satu Yohanes pasal 2, siapa pun yang menyangkal Kristus sedemikian adalah seorang antikristus. "Antikristus", dalam ayat 18 menyatakan kategori, bukan satu antikristus yang khusus. Sebab itu, "banyak antikristus" disebutkan dalam klausa berikutnya.
Pertama-tama Kristus adalah Orang Yang Diurapi lalu menjadi Orang Yang Mengurapi yang berhuni di dalam kita untuk mengurapi kita. Apabila kita mengabaikan pengurapan ini, berdasarkan satu Yohanes, maka di aspek ini kita bisa dianggap sebagai antikristus (anti pengurapan).
Kita perlu mohon belas kasih Tuhan, agar kita bisa mengalami dan menikmati pengurapan yang ajaib dari Roh yang ajaib di dalam kita setiap hari.

Christos Dan Chrisma
1 Yoh. 2:19

Antikristus atau guru-guru palsu ini adalah orang-orang yang pernah bersama-sama dengan para rasul, namun, dalam hati mereka tidak benar-benar bersatu dengan kaum beriman sejati dan mereka menunjukkannya dengan cara meninggalkan persekutuan. Jika mereka sungguh-sungguh termasuk dari kita, mereka niscaya tetap bersama-sama dengan kita. Di sini kita belajar bahwa iman yang sejati selalu memiliki kualitas yang abadi (permanen). Jika seseorang benar-benar telah dilahirkan kembali, ia akan mengejar Tuhan. Ini tidak berarti bahwa kita diselamatkan dengan bertahan sampai akhir, sebaliknya orang yang bertahan sampai akhir benar-benar diselamatkan. Guru-guru palsu meninggalkan persekutuan, supaya menjadi nyata bahwa mereka tidak termasuk dari kita.
Seorang antikristus berbeda dengan Kristus palsu (Mat.24:5,24). Seorang Kristus palsu adalah seorang yang menganggap dirinya menjadi Kristus dengan cara penipuan, sedangkan seorang antikristus adalah seorang yang menyangkal keilahian Kristus, menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus, yaitu menyangkal Bapa dan Putra dengan menyangkal bahwa Yesus adalah Putra Allah (ay.22-23), tidak mengakui bahwa Dia telah datang di dalam daging melalui kandungan ilahi dari Roh Kudus (4:2-3). Menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus adalah berhubungan dengan menyangkal pengurapan.
Kata bahasa Yunani untuk Kristus adalah Christos, yang berarti orang yang diurapi, dan untuk pengurapan adalah chrisma. Menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus adalah menyangkal bahwa Yesus adalah Orang yang diurapi. Selain itu, menyangkal Orang yang diurapi berarti menyangkal pengurapan. Oleh karena itu, menyangkal Christos adalah menyangkal chrisma.
Jika kita menyangkal pengurapan di dalam kita, berarti kita menyangkal bahwa Ia ada di dalam kita. Ini adalah masalah yang serius. Jika Roh itu tidak berhuni di dalam kita dan tidak mengurapkan unsur Allah ke dalam kita, bagaimanakah kita bisa menjadi serupa dengan Dia

No comments: