Hitstat

23 May 2005

1 Yohanes Volume 2 - Minggu 2 Senin

Pengurapan Dari Yang Kudus
1 Yohanes 2:20
"Tetapi kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus, dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya."

Salaupun ada banyak antikristus, Yohanes tidak begitu khawatir saat ia mengingat bahwa para pembacanya telah menerima pengurapan dari Yang Kudus, yaitu gerakan dan pekerjaan Roh Kudus yang berhuni di dalam setiap orang yang percaya. Roh Kudus masuk ke dalam kita pada saat kita dilahirkan kembali, Ia tidak akan pernah pergi (1Yoh. 2:27). Berdasarkan pengurapan inilah, kita dapat mengenal Bapa (ay. 13) dan mengenal kebenaran (ay. 21). Yang perlu kita lakukan hanyalah terus tinggal di dalam Dia (1Yoh. 2:27).
Saat Tuhan Yesus akan disalibkan, Ia menjanjikan seorang Penolong atau Penghibur yang akan menyertai kita selama-lamanya. Penolong ini adalah Roh Kebenaran atau Roh Kudus, yang mengajar kita segala sesuatu dan yang memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran. Yohanes 14:16-17a," Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran." Yohanes 14:26, "Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, ... Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu ...." Yohanes 16:13a, "Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran."
Haleluya, kita memiliki firman Allah di tangan kita dan Roh Kudus di dalam kita yang terus mengurapi kita. Firman Allah ibarat rel kereta api dan Roh Kudus ibarat lokomotif, keduanya akan memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran.

Minyak Urapan
Kel. 30:23-25

Roh Kudus dilambangkan dengan minyak urapan yang kudus, yaitu campuran rempah-rempah, dalam Keluaran 30:23-25, karena itu kami menggunakan istilah Roh Majemuk.
Untuk menikmati segala kelimpahan Roh Majemuk, kita perlu datang kepada firman karena Firman tak lain adalah Roh itu (Yoh. 6:63) dan Roh itu juga adalah Firman (Ef. 6:17). Melalui Roh Majemuk, Firman masuk ke dalam mulut dan hati kita (Rm. 10:8). Karena itu, kita harus datang kepada Firman dengan doa. Selain Roh Majemuk, kita juga harus menitikberatkan roh manusia karena roh manusia adalah alat bagi kita untuk menerima Roh majemuk yang begitu kaya sehingga kita dapat menikmati segala kekayaan Allah Tritunggal dan mengalami Dia setiap saat.

Tabel:
Elemen: Minyak Zaitun - Ukuran: 1 Hin - Makna: Roh Allah
Elemen: Mur - Ukuran: 500 syikal - Makna: Kematian Kristus
Elemen: Kayu Manis - Ukuran: 250 syikal - Makna: Kemanisan khasiat kematian Kristus
Elemen: Tebu (buluh yang tumbuh menjulang ke udara di tanah berlumpur) - Ukuran: 250 syikal - Makna: Kebangkitan Kristus
Elemen: Kayu Teja (penangkal serangga, khususnya ular) - Ukuran: 500 syikal - Makna: Kuat kuasa kebangkitan Kristus yang menang atas Iblis.

Jadi, berdasarkan tabel di atas, elemen penyusun Roh Majemuk ini sangat kaya. Itulah sebabnya ketika Roh itu mengurapi kita, Ia mengurapkan unsur Allah ke dalam kita, beserta segala proses yang telah dilalui Kristus, segala pencapaian-Nya, dan segala kemenangan-Nya menjadi pengalaman dan kenikmatan kita. Melalui pengurapan sedemikian, maka setiap hari kita bisa mengalami kemenangan dan juga semakin diubah serupa dengan gambar-Nya dalam kemuliaan yang semakin besar.

No comments: