Hitstat

06 January 2006

Wahyu Volume 7 - Minggu 2 Jumat

Dua Garis Dalam Alkitab
Wahyu 17:9
“Yang penting di sini ialah akal yang mengandung hikmat.”
Dalam Alkitab ada dua garis penting – garis Babel dan garis Yerusalem. Garis Babel adalah tiruan dari garis Yerusalem. Sebelum Allah memulai garis Yerusalem, Iblis sudah memulai tiruannya. Jadi kedua kota itu, Babilon dan Yerusalem, saling bertentangan. Kedua garis ini masih berlangsung hingga saat ini. Dalam Wahyu pasal 17-22, yang adalah kesimpulan akhir dari seluruh Alkitab, kita nampak dua kota – Babel dan Yerusalem. Babel akhirnya akan dihancurkan dan Yerusalem akan dibangun sepenuhnya. Haleluya! Biarlah kita berada di atas garis Yerusalem hari ini. Jangan sampai kita tertipu dengan tiruannya. Iblis selalu dengan liciknya membuat banyak tiruan dari hal-hal yang sejati dan kekal untuk menipu kita. Kita sungguh perlu hikmat dari Allah.
Fakta bahwa binatang itu “telah ada, namun tidak ada, dan akan muncul” adalah tiruan dari Allah “yang ada dan telah ada dan yang akan datang” (Why. 1:4). Manusia “akan heran ketika mereka melihat binatang itu sehingga menyembahnya (13:12). Hanya mereka yang telah Allah pilih dan yang namanya ditulis dalam kitab kehidupan yang akan dipelihara oleh Allah dari pencobaan ini.
Ketika Tuhan di bumi, orang Yahudi memilih Kaisar yang hidup daripada Kristus yang hidup. Bahkan setelah Kristus bangkit, manusia tetap tidak mau menerima Dia. Kedatangan Antikristus akan menjadi Kaisar yang dibangkitkan, dan manusia akan memilih Kaisar tersebut dari pada Kristus yang dibangkitkan.

Sepuluh TandukWhy. 17:12-13

Wahyu 17:12-13 mengatakan, “Dan kesepuluh tanduk yang telah kaulihat itu adalah sepuluh raja, yang belum mulai memerintah, tetapi satu jam lamanya mereka akan menerima kuasa sebagai raja, bersama-sama dengan binatang itu. Mereka seia sekata, kekuatan dan kekuasaan mereka mereka berikan kepada binatang itu.”
Sebelum kesusahan besar, dalam Kekaisaran Romawi yang dipulihkan akan bangkit sepuluh raja. Mereka akan bersatu dengan Antikristus dalam menentang Allah dan menganiaya umat-Nya -- orang Yahudi dan orang Kristen. Kesepuluh raja itu diumpamakan dengan kesepuluh jari kaki patung besar yang dilihat oleh Nebukadnezar dalam mimpinya (Dan. 2:42). Mereka dan kerajaan mereka akan menuruti Antikristus (ay. 17).
Kesepuluh raja itu akan menerima kerajaan dalam waktu satu jam bersama binatang itu. Sungguh mengherankan! Sebelum waktu itu, tidak seorang pun yang tahu siapakah mereka itu. Tiba-tiba, dalam satu jam, mereka semua akan menerima kerajaan. Kesepuluh raja itu akan menerima otoritas atau kekuasaan dalam waktu yang sangat singkat. Inilah sesuatu yang mengherankan yang dilakukan oleh Iblis, dan akan merupakan suatu kejutan besar bagi orang banyak.
Ayat 13 mengatakan bahwa kesepuluh raja itu seia sekata dan mereka memberikan kekuatan dan kekuasaan mereka kepada binatang itu. Mereka mutlak tunduk kepada Antikristus, yang pembawaannya sangat cerdas, mengesankan, meyakinkan, dan menaklukkan. Bersama Antikristus, kesepuluh raja itu akhirnya akan berperang melawan Anak Domba secara langsung. Perang di sini sama seperti yang dikatakan dalam 19:11-21, juga adalah perang besar Harmagedon (16:14, 16).
Catatan: “Tujuh kepala” adalah tujuh raja; “sepuluh tanduk” juga adalah sepuluh raja. Namun, ada perbedaan antara kepala dan tanduk: (1) Tanduk tumbuh di atas kepala. Karenanya, tanduk pastilah lebih kecil. Kepala adalah seluruh Kekaisaran Roma, sedangkan tanduk adalah raja-raja bawahan Roma. (2) Hanya ada satu kepala pada satu masa, tetapi tanduk-tanduk adalah raja pada saat yang bersamaan.

Penerapan:
Saudara saudari, apakah yang kita cari? Kita tentu mencari yang sejati, yang berasal dari Allah. Tetapi seringkali kita tidak tahu manakah yang sejati. Itulah sebabnya, banyak berdoa dan banyak membaca Alkitab untuk mengenal kebenaran sangatlah diperlukan agar kita tidak tertipu oleh tiruan-tiruan dari musuh.

Pokok Doa:
Ya Tuhan Yesus, berilah kami hikmat agar kami mengerti jalan-Mu, mengerti tujuan-Mu, dan bisa memilih untuk menempuh jalan yang Engkau tetapkan. Tuhan Yesus, selamatkan kami dari begitu banyak perangkap musuh-Mu, dari segala bentuk tiruannya yang menipu kami. Oh Tuhan, selamatkan kami juga dari kehidupan yang hanya mencari keuntungan kami saja. Buatlah kami benar-benar hidup bagi kepentingan-Mu.

No comments: