Hitstat

14 January 2006

Wahyu Volume 7 - Minggu 3 Sabtu

Nama-Nya Ialah Firman Allah
Wahyu 19:13b & 15a
“Nama-Nya ialah: ‘Firman Allah.’ … Dan dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa.”

Firman Allah adalah definisi, penjelasan, dan ekspresi Allah. Sebagai Firman Allah, Kristus selalu berbicara bagi Allah. Dalam Injil Yohanes, Ia berbicara bagi Allah dengan menyalurkan hayat-Nya sebagai anugerah kepada umat pilihan Allah (Yoh. 1:1, 4, 14). Dalam Kitab Wahyu, Ia berbicara bagi Allah dengan melaksanakan penghakiman Allah atas umat pemberontak. Sungguh luar biasa, bahkan ketika berperang, Tuhan masih berbicara bagi Allah dan mengekspresikan Allah.
Misalnya, ketika masuk ke ruang sidang, saya melihat segalanya kacau. Tanpa berkata apa-apa, saya mulai membersihkan ruang tersebut. Reaksi pembersihan saya ini menunjukkan bahwa saya adalah seorang yang rapi, dan saya tidak tahan dengan suasana yang kotor. Dengan berperang, Kristus menyatakan bahwa Allah itu adil dan berdaulat. Dia juga adalah Allah yang mempunyai aturan, Dia tidak dapat membiarkan kekacauan dan pemberontakan.
Ketika Tuhan Yesus datang untuk berperang melawan Antikristus, Dia tidak perlu menggunakan senjata nuklir. Dia cukup mengatakan sepatah kata. Seandainya Dia berkata, "Antikristus, pergilah ke lautan api!" Antikristus segera dilemparkan ke lautan api. Firman Tuhan lebih hebat daripada senjata nuklir. Ketika Tuhan berkata-kata, kita yang mengikuti-Nya akan mengatakan, "Amin." Inilah cara Tuhan berperang. Tidak perlu diragukan, Antikristus akan menggunakan senjata yang paling modern, tetapi Kristus akan mengalahkannya dengan pedang yang tajam, yaitu firman yang mahakuasa yang keluar dari mulut-Nya.

Kristus – Sang Panglima Perang
Why. 19:12-15; 16:14, 16; Yesaya 63:1-3

Wahyu 19:13-16 mengatakan, "Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: ‘Firman Allah.’ Dan semua pasukan yang di sorga mengikuti Dia; mereka menunggang kuda putih dan memakai lenan halus yang putih bersih. Dan dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa. Dan Ia akan menggembalakan mereka dengan gada besi dan Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur, yaitu kegeraman murka Allah, Yang Mahakuasa. Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan.”
Kristus memakai jubah yang telah dicelup dalam darah, berkaitan dengan perihal Dia menginjak kilangan anggur kegeraman murka Allah (ay. 15; Yes. 63:1-3), di Harmagedon (16:14, 16). Di sana, darah akan setinggi kekang kuda (Why. 14:20).
Sebagai Firman Allah dalam Inijl Yohanes, Kristus telah membagikan hayat kepada umat pilihan Allah; tetapi sebagai Firman Allah dalam Kitab Wahyu, Dia melaksanakan penghakiman Allah atas diri orang-orang yang memberontak. Semoga saat itu, kita adalah bagian dari pasukan Allah. Tetapi, syaratnya kita harus diundang ke perjamuan kawin Anak Domba dan memakai lenan halus yang putih bersih. Pakaian pesta tersebut akan menjadi pakaian perang.
Tuhan akan menggembalakan mereka dengan gada besi. Menggembalakan berarti berkuasa atas, mengatur. Sedangkan gada besi melambangkan kekuatan yang besar. Mula-mula Kristus akan memukul bangsa-bangsa dengan firman-Nya yang menghakimi, kemudian dengan kekuatan yang besar, Ia akan menggembalakan orang-orang yang masih tersisa.
Jubah Kristus melambangkan pekerti-Nya, terutama keadilan-Nya. Sedangkan paha-Nya melambangkan kekuatan-Nya untuk berdiri, keteguhan-Nya. Gelar-Nya Raja segala raja dan Tuan di atas segala Tuan, dipaparkan dalam keadilan dan keteguhan-Nya. Gelar ini tidak lagi tersembunyi atau rahasia, tetapi diwahyukan secara terbuka dan diketahui semua orang.

Penerapan:
Seringkali kita merasakan adanya suatu peperangan di batin kita. Saat itu siapakah yang menang, ego kita atau Kristus? Bila di dalam kita ada firman Allah yang hidup dan kita bersandar pada firman itu, pastilah Kristus yang menang!

Pokok Doa:
Tuhan Yesus, aku mau menyimpan firman-Mu sebanyak-banyaknya di dalam hatiku. Tuhan, bersandar firman-Mu, aku pasti bisa mengalahkan musuh-Mu, karena firman-Mu penuh kuasa dan firman-Mu adalah diri-Mu sendiri. Oh Tuhan, buatlah aku mempunyai pengalaman mengusir musuh-Mu dengan menggunakan firman.

No comments: