Hitstat

06 November 2010

Roma Volume 3 - Minggu 2 Minggu

Roh itu Membuat Rumah di dalam Kita
Roma 8:9
Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.

Ayat Bacaan: Rm. 8:9-11, Ef. 3:17

Kata Yunani dari “berhuni” dari ayat 9 ini bukanlah kata yang biasa dipakai untuk “tinggal.” Kata ini berasal dari akar yang sama seperti kata yang dipakai di dalam Efesus 3:17 yaitu agar Kristus membuat rumah-Nya di dalam hati kita. Ayat 11 juga mengatakan bahwa Kristus ini, yang adalah Roh itu, bukan hanya harus ada di dalam kita, melainkan juga membuat rumah di dalam kita. Memiliki Kristus di dalam kita itu adalah satu perkara, tetapi memiliki Kristus yang membuat rumah di dalam kita itu adalah perkara lainnya. Di dalam ayat 10 kita memiliki kata “di dalam”; namun di dalam ayat 11 bukan lagi hanya perkara “di dalam” saja, melainkan membuat rumah di dalam kita. Apakah Kristus hanya ada di dalam kita saja, ataukah Dia berhuni atau membuat rumah di dalam kita? Kita perlu Kristus yang berhuni. Untuk hal ini, kita harus memberikan tanah/lahan di dalam diri kita.
Ketika pertama kali kita mendengar injil dan berseru kepada nama Tuhan Yesus, maka Roh Kudus segera akan masuk ke dalam roh kita dan menghidupkannya. Namun, bagaimana dengan tubuh dan pikiran kita? Tubuh dan pikiran kita masih tetap berada dalam maut. Banyak orang yang memiliki tubuh dan pikiran maut karena mereka tidak membiarkan Kristus yang berhuni di dalam roh mereka menyebar ke dalam pikiran mereka. Misalnya, ketika kita sedang membaca sebuah surat kabar atau menonton televisi mengenai kondisi ekonomi saat ini atau mengenai tindak kejahatan saat ini, kita perlu sangat berhati-hati. Jangan sampai meletakkan pikiran kita di atas daging sehingga membuat pikiran kita berada di dalam maut. Kita perlu membiarkan Kristus yang berhuni ini menyebar dari roh kita ke dalam pikiran kita. Jika kita membiarkan Dia menyebar dengan cara ini, maka akhirnya hayat ini akan dibagikan bahkan sampai kepada tubuh fana kita. Kemudian roh dan pikiran akan menjadi hayat dan tubuh ini juga akan dihidupkan. Roma 8:11 menunjukkan hal ini: “Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.”

Sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih (Ef. 3:17)

No comments: