Hitstat

05 November 2010

Roma Volume 3 - Minggu 2 Sabtu

Dibebaskan dari Daging Melalui Berjalan Menurut Roh
Roma 8:4
Supaya tuntutan hukum Taurat digenapi di dalam kita, yang tidak hidup menurut daging, tetapi menurut Roh.

Ayat Bacaan: Rm. 7:23, Gal. 5:19-21, Rm. 8: 8, 13

Dosa telah membuat tubuh kita menjadi satu tubuh yang penuh dengan dosa, bahkan; tubuh ini telah menjadi daging. Apakah daging? Sedikitnya ada 3 definisi dalam Alkitab mengenai daging. Pertama, daging adalah tubuh yang rusak dan hancur akibat dari dosa Adam (Rm. 7:23). Kedua, daging adalah manusia yang telah jatuh seluruhnya yaitu suatu ekspresi puncak dari manusia tiga bagian yang telah jatuh. Dalam Galatia 5:19-21, kita menemukan beberapa yang berhubungan dengan nafsu dari tubuh yang telah rusak, seperti perzinahan, kecemaran, hawa nafsu, dan kemabukan; yang lainnya seperti permusuhan, perselisihan, kemarahan, dan perpecahan, berhubungan dengan jiwa yang telah jatuh; dan penyembahan berhala dan sihir yang berhubungan dengan roh yang telah dimatikan. Ketiga, aspek yang baik dari manusia juga adalah bagian dari daging. Mengapa aspek yang baik dari manusia juga disebut daging? Dalam pandangan Allah, kita, manusia yang telah jatuh, telah dikendalikan oleh daging, telah seluruhnya menjadi daging. Segala sesuatu yang berasal dari kita, baik ataupun buruk, adalah berasal dari daging dan tidak berkenan kepada Allah.
Kesimpulan Alkitab mengenai daging adalah bahwa daging tidak dapat menyenangkan Allah (Rm. 8:8). Jika manusia itu milik daging, memikirkan daging, dan hidup oleh daging, apapun yang dia lakukan, baik ataupun buruk, tidak dapat menyenangkan Allah. Bagaimana jalan untuk dibebaskan dari daging? Kita perlu bertanya apakah aku sendiri yang melakukan hal ini, atau aku melakukannya dengan tinggal di dalam Tuhan? Apakah aku melakukan ini menurut kehendakku sendiri, atau apakah aku dipimpin oleh Roh Kudus? Jika kita tidak tinggal di dalam Tuhan, tidak bersekutu dengan Tuhan, maka semua yang telah kita lakukan, walaupun dilakukan dengan sangat baik, itu masih tetap daging dan harus dihakimi. Jalan kita dibebaskan dari daging adalah dengan berjalan menurut roh (Rm. 8:4,13). Kita perlu di dalam doa berseru kepada nama Tuhan, bersandarkan Roh Kudus, membuat kita ber-bagian dengan kematian Kristus sehingga kita dapat mematikan setiap daging yang ternyatakan.

Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup. (Rom 8:13)

No comments: