Hitstat

14 May 2020

Kisah Para Rasul - Minggu 1 Kamis


Pembacaan Alkitab: Kis. 1:1-5; Luk.1:3
Doa baca: “Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus.” (Kis. 1:1)


Posisi Kitab Kisah Para Rasul


Kitab Kisah Para Rasul dan Injil Lukas ditulis oleh orang yang sama, yaitu Lukas (Luk. 1:3, Kis. 1:1). Injil Lukas memiliki suatu jangkauan luas yang meliputi semua hal tentang Persona Manusia-Allah yang ajaib ini dari keterkandungan-Nya sampai kenaikan-Nya. Sebagai Persona yang ajaib, Tuhan Yesus hidup di bumi sebagai seorang manusia dengan semua kebajikan insani yang mengekspresikan atribut ilahi. Dia melayankan apa yang Dia perhidupkan, bahkan sampai mati. Kemudian Dia bangkit dan naik ke surga. Sekarang Dia, Manusia-Penyelamat yang dimuliakan, ada di surga.

Kitab pertama, Injil Lukas, menggambarkan permulaan Tuhan yang pertama dan kehidupan serta ministri-Nya di bumi. Sekarang perlu ada kitab yang kedua, kitab Kisah Para Rasul, untuk memberitahu kita ke dalam kehidupan dan ministri Tuhan yang bagaimanakah Tuhan telah diperkenalkan melalui kenaikan-Nya.

Jadi, melalui dua kitab tersebut kita dapat melihat kehidupan dan ministri Tuhan ketika Dia hidup di bumi, dimulai dari keterkandungan-Nya dan disimpulkan dengan kebangkitan-Nya. Setelah kebangkitan-Nya, Tuhan Yesus naik ke surga. Kenaikan ini bukanlah suatu pengakhiran, melainkan permulaan lainnya. Permulaan ini membawa Dia ke dalam suatu alam yang baru, yaitu ke dalam surga, dimana Dia sekarang memiliki kehidupan yang lain dengan ministri lainnya. Kehidupan dan ministri ini dilaksanakan bukan hanya oleh Yesus yang dikandung dari Roh Kudus di dalam rahim seorang dara dan lahir di Betlehem; tetapi dilaksanakan oleh Kristus yang naik. Kristus yang bangkit dan naik ini sekarang hidup di surga dan melayani di sana. Kehidupan dan ministri Tuhan di surga adalah isi Kitab Kisah Para Rasul. Kiranya kita semua terkesan dengan gambar ini pada pembukaan Pelajaran-Hayat Kitab Kisah Para Rasul.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kisah Para Rasul, Buku 1, Berita 1

No comments: