Hitstat

03 July 2009

Yohanes Volume 3 - Minggu 4 Sabtu

Aku dan Bapa Adalah Satu
Yohanes 10:30
Aku dan Bapa adalah satu.

Ayat Bacaan: Yoh. 10:30; 14:9-10; 5:43; 16:32; 2 Kor. 3:17; 1 Yoh. 2:23; Yes. 9:5

Putra dan Bapa adalah satu. Bahkan Putra adalah Bapa. Yesaya 9:5 berkata, “Seorang anak telah dilahirkan untuk kita...dan namanya akan disebut...Bapa yang Kekal.” Tuhan Yesus di dalam Yohanes 14:9-10 juga berkata, “Barangsiapa telah melihat Aku ia telah melihat Bapa... Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku.” Kita tidak tahu bagaimana Putra dapat sebagai Bapa juga, tetapi inilah yang dikatakan Alkitab; kita hanya perlu dengan iman yang sederhana mempercayainya.
Ketika Putra Allah berinkarnasi, Ia tidak meninggalkan Bapa di surga. Putra dan Bapa tidak dapat dipisahkan. Mereka berbeda tetapi tidak terpisah. Putra sendiri memberi tahu kita dengan jelas bahwa Ia datang dalam nama Bapa (Yoh. 5:43) dan Bapa menyertai Dia sepanjang waktu (Yoh. 16:32). Itulah sebabnya Putra dan Bapa adalah satu (Yoh. 10:30; 17:22).
Bila kita mengakui Putra, kita juga mempunyai Bapa (1 Yoh. 2:23). Selanjutnya, Dia juga adalah Roh (2 Kor. 3:17). Bila Dia berhuni di dalam kita, itu berarti kita juga mempunyai Bapa dan Roh. Apakah Anda memiliki Tuhan Yesus di dalam Anda? Ya. Apakah Anda juga tidak mempunyai Bapa dan Roh di dalam Anda? Ya. Ini berarti Bapa, Putra, dan Roh semuanya di dalam Anda. Kemudian, berapa banyak yang kita miliki di dalam kita? Dari pengalaman, kita tahu bahwa kita hanya mempunyai Satu di dalam kita. Satu yang berhuni di dalam kita ini adalah Allah Tritunggal, Bapa, Putra, dan Roh.
Perjanjian Baru memisahkan Bapa dan Putra. Khususnya dalam Injil Yohanes kita melihat bahwa Putra selalu satu dengan Bapa. Putra datang di dalam nama Bapa dan Dia tidak melakukan pekerjaan dan kehendak-Nya sendiri, Dia tidak mengatakan perkataan-Nya sendiri, Dia tidak mencari kemuliaan-Nya sendiri, dan Dia tidak menyatakan diri-Nya sendiri (Yoh.4:34; 5:30; 6:38; 7:18). Melainkan, Dia selalu melakukan pekerjaan dan kehendak Bapa, membicarakan perkataan Bapa, mencari kemuliaan Bapa, dan menyatakan Bapa. Jika kita memiliki Putra, kita memiliki Bapa (1 Yoh. 2:23). Sebaliknya, jika kita tidak memiliki Putra, kita tidak memiliki Bapa. Ini menyatakan bahwa Bapa dan Putra benar-benar satu (Yoh.10:30).

No comments: