Hitstat

13 July 2009

Yohanes Volume 4 - Minggu 2 Selasa

Melayani di Dalam Kehidupan Gereja
Yohanes 12:2
Di situ diadakan perjamuan untuk Dia dan Marta melayani, sedang salah seorang yang turut makan dengan Yesus adalah Lazarus.

Ayat Bacaan: Yoh. 12:1-11; Luk. 10:40

Betania adalah miniatur dari kehidupan gereja hari ini. Di dalam kehidupan gereja, terdapat fungsi yang berbeda-beda. Dari Injil Yohanes 12:1-11, kita dapat menemukan setidaknya ada tiga fungsi penting yang terdapat di dalam kehidupan gereja. Ketiga jenis fungsi itu masing-masing diwakili oleh ketiga orang di dalam rumah kecil yang di Betania itu, yakni Marta, Maria, dan Lazarus.
Fungsi yang pertama adalah melayani, yang diwakili oleh Marta (Yoh. 12:2). Dari abad ke abad, Marta mendapat perlakuan yang kurang adil. Kita tak seharusnya menganggap Marta itu tidak baik, karena pasal ini mengatakan bahwa “Marta melayani”. Hal itu adalah baik. Kita harus mengubah konsepsi kita terhadapnya dan tidak meremehkan dia. Kita harus mendorong saudari-saudari menjadi Marta. Mungkin para saudari cukup rohani dan agamawi, tetapi tanpa ada pelayanan Marta maka hal itu kekurangan realitas.
Misalkan, seluruh saudari di dalam gereja adalah Maria, semua mengejar kerohanian masing-masing dan duduk diam saja. Lalu siapa yang menyediakan makanan? Siapakah yang akan membersihkan dan menyiapkan ruangan? Siapakah yang menata meja dan kursi? Kita memerlukan beberapa Marta yang rajin, cekatan, aktif, hidup, dan bertindak. Meskipun kita rohani, kita masih harus melayani dengan riil. Pelayanan Marta sangat diperlukan di dalam rumah itu. Demikian pula dalam kehidupan gereja, fungsi yang pertama ialah menangani urusan-urusan tertentu dengan hikmat.
Apabila kita sudah memiliki pelayanan yang riil dalam kehidupan gereja, maka kita perlu belajar setia. Setia berarti terus melakukan secara aktif dan berkesinambungan, tidak bosan lalu berhenti. Jika kita melayani hanya satu atau dua kali, lalu berhenti, itu tandanya kita kurang setia. Memang melayani itu tidak mudah, apa lagi kalau tidak ada orang yang membantu. Seringkali kita dapat pula bersungut-sungut seperti Marta, berharap Tuhan menyuruh Maria membantu dia (Luk. 10:40). Kalau kita mau belajar setia, kita tentu tidak akan bersungut-sungut demikian. Di dalam gereja banyak sekali keperluan, sebab itu perlu banyak kaum beriman bangkit melayani dengan setia.

No comments: