Hitstat

17 January 2020

Yohanes - Minggu 09 Jumat


Pembacaan Alkitab: Yoh. 7:1-53
Doa baca: “Pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru, ‘Siapa saja yang haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!’” (Yoh. 7:37)


Seruan untuk Minum!

Dalam Yohanes 6 dan 7 Anda dapat menemukan ungkapan “hari terakhir.” Namun, hari terakhir dalam kedua pasal ini tidaklah sama. Hari terakhir di dalam Yohanes 6 mengacu kepada waktu kelak ketika Tuhan membangkitkan semua orang. Sedangkan Yohanes 7 mengacu kepada hari terakhir yang sering dijumpai di dalam kehidupan seseorang. Ini menunjukkan di kemudian hari, tentunya Anda akan memiliki sebuah akhir. Namun, sebelum hari akhir tersebut tiba, Anda pun memiliki akhir yang hari ini. Pakaian Anda, ada hari terakhirnya; pernikahan Anda pun ada akhirnya; segala sesuatu ada hari terakhirnya. Ketika hari terakhir itu tiba, artinya tamat. Bagaimanapun diri Anda, entah memiliki kekayaan atau tidak, berpendidikan atau pun tidak berpendidikan, pada suatu hari akan sampai pada hari raya Pondok Daun. Tidak puas!

Namun di antara akhir demi akhir itu, Anda dapat mendengar Tuhan berdiri dan berseru “Siapa yang haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!” (Yoh 7:37). Inilah sebuh panggilan dari-Nya untuk menyadarkan Anda! Segala sesuatu yang Anda nikmati hari ini tidak dapat meleraikan dahaga Anda. Kenikmatan yang hari ini Anda minum, hanya mampu memuaskan dari tubuh sampai ke jiwa, sedangkan batin Anda tetap merasakan kering. Namun, kapan kala Anda mau datang kepada-Nya, Anda akan memiliki sungai air hidup yang mengalir dari lubuk batin Anda. Maukah Anda memiliki sumber kepuasan yang berasal dari dalam batin Anda?

Yohanes 4:14 mengatakan siapa saja yang minum air yang diberikan-Nya, dari dalamnya akan memiliki mata air. Tidak berhenti di sana, dalam Yohanes 7 Tuhan mengatakan akan mengalir aliran-aliran air hidup. Sadarkah Anda Tuhan tidak menyebutkan jumlah aliran air hidup itu? Artinya, aliran ini banyak! Dapat memuaskan Anda dalam segala urusan Anda. Aliran yang unik ini adalah “Roh hayat.” Karena itu, kita perlu terbuka dan menyeru nama-Nya, untuk menikmati aliran-aliran air ini. “Oh Tuhan Yesus!”


Sumber: Pelajaran-Hayat Yohanes, Buku 1, Berita 18

No comments: