Hitstat

14 January 2020

Yohanes - Minggu 09 Selasa


Pembacaan Alkitab: Yoh. 7:1-53
Doa baca: “Siapa saja yang percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.” (Yoh. 7:38)


Dua Perayaan dalam Hidup Manusia


Peristiwa keenam merupakan kelanjutan dari peristiwa yang kelima, karena masalah makanan berkaitan dengan air.  Yohanes pasal 6 terjadi pada hari raya Paskah, sedangkan peristiwa dalam pasal 7 terjadi pada hari raya Pondok Daun. Hari raya Paskah merupakan hari raya pertama dalam satu tahun bagi orang Yahudi. Hari raya Pondok Daun adalah raya tahunan yang terakhir (Im. 23:5, 34). Kedua hari raya tahunan ini masing-masing memiliki makna rohani.

Hari raya Paskah merupakan permulaan hidup manusia (Kel. 12:2-3, 6), menyinggung manusia mencari yang kepuasan, namun berakhir pada kelaparan. Inilah kondisi semua orang muda. Bagi Anda orang muda, hari ini Anda sedang menempuh hari raya Paskah, sebab hayat Anda baru dimulai. Sadarkah Anda, ketika Anda mengejar cita-cita Anda, hasil yang Anda dapatkan adalah kelaparan. Semakin tinggi pendidikan Anda, semakin tinggi jabatan Anda, yang akan Anda rasakan adalah semakin lapar. Semakin lapar untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi, pendidikan yang lebih tinggi. Tidak ada hal apapun yang dapat memuaskan Anda.

Sedangkan bagi Anda yang telah menempuh penghidupan ini, Anda sedang berada di hari raya Pondok Daun yang menyiratkan kelengkapan dan kesuksesan hidup manusia (Kel. 23:16). Setelah Anda berjerih payah seumur hidup, Anda akan berakhir pada kehausan. Banyak orang mengadakan perayaan atas apa yang kerjakan dan usahakan. Namun setelah perayaan itu, tetap merasa haus, ingin mengejar kenikmatan yang lebih tinggi, mengadakan perayaan lebih besar lagi. Dengan kata lain, Anda haus!

Terhadap kondisi kita yang demikian, Ia tahu keperluan kita. Ia berkata “Siapa saja yang percaya kepada-Ku… Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup” (Yoh. 7:38). Hari ini, maukah Anda menerima kepuasan yang sejati masuk ke dalam batin Anda? Mari percaya kepada-Nya!


Sumber: Pelajaran-Hayat Yohanes, Buku 1, Berita 17

No comments: