Hitstat

01 August 2008

Markus Volume 6 - Minggu 4 Jumat

Kematian Kristus yang Unggul (1)
Roma 5:10
Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!

Ayat Bacaan: Mat. 16:21; Mzm. 22:16-19; Mat. 27:35; Kel. 12:3, 5-6; Mrk. 14:12-17; Yoh. 18:28

Setelah hidup tiga puluh tiga setengah tahun di bumi, Kristus mati. Kematian-Nya berbeda dengan kematian manusia lain di bumi. Semua pemimpin agama mati sebagai manusia dan dikubur sebagai manusia. Tetapi Kristus mati dengan cara yang berbeda dari manusia.
Kematian-Nya berbeda dengan kematian manusia biasa dalam enam hal: Pertama, Dia menubuatkan kematian-Nya kepada murid-murid-Nya sebelum saatnya tiba (Mat. 16:21). Dia tidak hanya menubuatkan kematian-Nya tetapi juga menubuatkan bahwa tiga hari setelah kematian-Nya, Dia akan bangkit. Ini menunjukkan bahwa kematian-Nya bukanlah suatu kematian yang kebetulan dalam tangan manusia, tetapi kematian yang ditakdirkan dalam tangan Allah.
Kedua, kematian-Nya adalah penggenapan yang tepat dari nubuat-nubuat mengenai Mesias yang dinubuatkan oleh para nabi beratus-ratus tahun sebelumnya. Mazmur 22:16-19 menggambarkan suasana kematian Kristus. Jika kita membaca catatan kitab Injil, kita akan menemukan bahwa memang tepat demikian cara kematian Kristus. Matius 27:35 mengatakan bahwa setelah serdadu-serdadu menyalibkan Kristus, “mereka membagi-bagi pakaian-Nya dengan membuang undi,” Inilah penggenapan harfiah dari pernyataan nubuat dalam Perjanjian Lama.
Ketiga, dalam Perjanjian Lama telah diberikan tanda dalam bentuk lambang mengenai saat dan cara kematian Kristus. Dalam Keluaran 12, catatan mengenai perayaan Paskah memberi tahu kita bahwa seekor anak domba harus disiapkan untuk perayaan itu (Kel. 12:3, 5-6). Anak domba itu harus tidak bercela dan harus diperiksa selama 4 hari sebelum Paskah. Anak domba itu harus disembelih di atas batang kayu yang berbentuk salib pada hari keempatbelas bulan pertama. Inilah gambaran sepenuhnya dari cara kematian Kristus di atas salib. Sebelum disalibkan, Dia diperiksa oleh orang-orang Yahudi dan orang-orang bukan Yahudi sebanyak enam kali dan didapati tidak bersalah. Kematian-Nya juga jatuh pada hari keempatbelas bulan pertama, pada hari Paskah (Mrk. 14:12-17; Yoh.18:28).

No comments: