Hitstat

31 August 2008

Markus Volume 8 - Minggu 1 Senin

Tuhan Yesus Memulihkan Fungsi 3 Organ Khusus Kita
Markus 7:37
Mereka takjub dan tercengang dan berkata: “Ia menjadikan segala-galanya baik, yang tuli dijadikan-Nya mendengar, yang bisu dijadikan-Nya berkata-kata.”

Ayat Bacaan: Ef. 2:1; Rm. 6:17-18; 1 Ptr. 2:24; Mrk. 7:31-52

Karena dosa, dahulu memang kita mati terhadap Allah dan menjadi hamba dosa (Ef. 2:1; Rm. 6:17). Tetapi syukur kepada Tuhan, di atas salib Tuhan telah menebus kita dan pada hari yang ketiga bangkit dari antara orang mati, sehingga kita beroleh pembenaran dan beroleh hayat-Nya. Sejak kita beroleh selamat, kita telah mati terhadap dosa dan hidup untuk kebenaran (1 Ptr. 2:24; Rm. 6:18). Namun ketika kita mau mulai berjalan menempuh jalan Tuhan, kita akan menyadari bahwa kita memiliki “penyakit” yang lain, yaitu tidak mampu mendengar perkataan Tuhan (tuli), tidak mampu berbicara bagi Tuhan (bisu), serta tidak mampu melihat Tuhan dan kehendak-Nya (buta). Oleh sebab itu kita memerlukan penyembuhan yang lebih lanjut.
Di dalam Injil Markus, ketiga jenis “penyakit” rohani ini diwakili oleh orang yang tuli dan orang yang bisu (Mrk. 7:31-37), orang yang buta di Betsaida (Mrk. 8:22-26), seorang laki-laki yang memiliki roh yang bisu (Mrk. 9:14-29) dan Bartimeus yang buta (Mrk. 10:46-52). Dalam penyelamatan-Nya, Tuhan tidak hanya menyembuhkan kita dari penyakit yang umum seperti demam, kusta, lumpuh, dan tangan yang mati sebelah, tetapi Tuhan juga perlu secara khusus memulihkan fungsi organ pendengaran, organ bicara, dan organ penglihatan kita. Demikian barulah kita dapat menerima wahyu ilahi tentang Kristus dan rencana kekal-Nya.
Bagaimanakah caranya Tuhan menyembuhkan organ pendengaran, organ bicara, dan organ penglihatan kita? Kalau kita mempelajari empat kasus penyembuhan di atas (Mrk. 7:31-10:52), maka kita akan menemukan dua hal: firman dan iman. Dari pihak Tuhan, Dia berfirman kepada kita; dari pihak kita, kita perlu percaya, menerima firman Tuhan. Firman Tuhan adalah obat yang terbaik bagi segala penyakit rohani kita (Mzm. 107:20a). Tidak hanya itu, firman Tuhan juga adalah makanan yang bergizi bagi kita (Yer. 15:16). Ketika kita dengan iman menerima firman Tuhan, maka firman hidup itu akan membunuh “bakteri-bakteri” di dalam kita yang berasal dari si jahat (1 Ptr. 2:1-2). Ya, firman Tuhan adalah semacam tablet “antibiotik” rohani. Setiap hari kita perlu makan “antibiotik” ini sehingga segala penyakit rohani kita disembuhkan.

No comments: