Hitstat

03 January 2009

Lukas Volume 4 - Minggu 3 Minggu

Waspadalah Terhadap Ragi Kemunafikan!
Lukas 12:1b-2
Waspadalah terhadap ragi, yaitu kemunafikan orang Farisi. Tidak ada sesuatu pun yang tertutup yang tidak akan dibuka dan tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui.

Ayat Bacaan: Luk. 12:1-3; 1 Yoh. 1:9

Dalam Lukas 12:1 kita nampak bahwa kemunafikan orang-orang Farisi sama dengan ragi. Ragi dalam Perjanjian Baru melambangkan unsur kerusakan. Di sini Tuhan memperingatkan orang banyak agar waspada terhadap ragi orang-orang Farisi, yang adalah kemunafikan. Orang-orang Farisi itu palsu dan kepalsuan mereka telah sampai pada puncaknya, menjadi kemunafikan yang adalah ragi, unsur kerusakan dalam agama Yahudi.
Hari ini banyak juga orang yang berlaku munafik. Mereka selama bertahun-tahun sudah melakukan banyak dosa, tetapi di luarnya berpura-pura menjadi orang baik. Orang semacam ini, mulutnya penuh dengan ajaran kebenaran dan moral, tetapi tidak pernah diterapkan dalam kehidupannya sehari-hari. Mereka mengira asal tidak ada orang mengetahui dosa-dosa yang mereka perbuat, berarti mereka tidak pernah berbuat dosa. Tapi pada suatu hari, semua hal yang mereka sembunyikan itu akan tersingkap (Luk. 12:2-3).
Saudara saudari yang kekasih, pernahkah Anda tamak akan harta yang tidak halal? Pernahkah Anda korupsi, manipulasi, menerima suap, menggunakan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi atau untuk membuat penuh kantong sendiri? Apakah Anda pernah mencaci maki orang, memukul orang, merugikan orang? Apakah Anda pernah iri, membenci, memusuhi, dengki kepada orang tua, suami, istri, ipar, mertua, atasan, famili, handai taulan, atau tetangga Anda? Apakah Anda pernah menipu, merayu, memfitnah, membuat jebakan untuk mencelakan orang? Mungkin di depan manusia Anda berkata, “Aku tidak pernah melakukan dosa-dosa itu.” Tetapi Anda pasti tidak dapat berkata kepada Allah, “Aku tidak pernah berbuat dosa sedikit pun.”
Sebagai orang berdosa, kita sudah cukup kasihan, kalau kita masih tidak mau mengaku sebagai orang dosa, masih berusaha menyembunyikan dosa diri sendiri, masih berpura-pura seperti orang yang tidak berdosa, masih terus menjadi orang yang munafik, itu betapa kasihan lagi! Marilah kita datang menurut apa adanya kita ke hadapan Tuhan, dengan jujur mengakui bahwa kita adalah orang berdosa. Jika kita mengakui semua dosa yang ada dalam kita kepada Tuhan Yesus, maka Dia akan mencuci bersih segala dosa kita ( 1 Yoh. 1:9).

No comments: