Hitstat

30 January 2009

Lukas Volume 5 - Minggu 2 Sabtu

Belajar Setia dalam Hal Mamon  yang Tidak Jujur

Lukas 16:11

Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya?

 

Ayat Bacaan: Luk. 16:10-13; Mat. 25:21, 23; Yoh. 12:7-8

 

Mempersembahkan tubuh dan harta benda kepada Tuhan adalah suatu persembahan yang riil. Begitu tubuh dipersembahkan, dengan sendirinya hati ikut tersembahkan. Lukas 16:10 mengatakan, “Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.” Setia dalam hal-hal kecil mengacu kepada kesetiaan kita dalam mempersembahkan harta kita untuk melakukan banyak perkara seturut pimpinan Tuhan bagi kepentingan Allah. Jika kita setia dalam perkara kecil ini, maka kita akan diberi tanggung jawab dalam perkara besar yang mengacu kepada harta berlimpah pada zaman yang akan datang (Mat. 25:21, 23).

Hari ini hampir semua orang mencari perkara di bumi, karena mamon mereka di bumi. Sebagaimana Tuhan tidak menghapus akar dosa, Tuhan juga tidak menyingkirkan Mamon. Tuhan hanya berkata, bahwa kalau ingin hati kita mengasihi Allah, harus menaruh mamon di pihak Allah, menaruh mamon ke tempat Allah. Jalan untuk mengasihi Allah bukan menyerahkan hati kepada Tuhan, melainkan menyerahkan uang kepada Allah. Begitu mamon di tempat Allah, saat itu juga hati kita ikut ke tempat Allah. Tidak ada orang yang mengumpulkan harta di bumi, yang hatinya berada di surga (Luk. 16:13).

Sekali-kali jangan salah mengira bahwa hanya orang dunia yang mencintai uang dan orang Kristen tidak mencintai uang. Hati orang Kristen sama dengan hati orang dunia, semua mengikuti mamon. Kalau ada orang berkata bahwa dirinya tidak mencintai mamon, itu mendustai Allah, juga mendustai diri sendiri. Satu-satunya perbedaan orang Kristen dengan orang dunia adalah orang dunia menaruh mamon di bumi, di dalam bank; tetapi mamon orang Kristen ditaruh di surga, di tempat Allah. Perbedaan antara keduanya amatlah besar!  

Bagaimana kita bisa merasakan bahwa hati kita mengasihi Tuhan? Persembahkanlah mamon kita sampai hati kita merasa sakit, maka hati kasih kita kepada Allah akan segera keluar. Tidak ada persembahan bagi Tuhan, bagi Injil-Nya, dan bagi gereja-Nya yang terbilang “keterlaluan” (Yoh. 12:7-8).

No comments: