Hitstat

10 July 2009

Yohanes Volume 4 - Minggu 1 Sabtu

Hayat Tuhan Memenuhi Berbagai Keperluan Kita
Yohanes 11:40
Jawab Yesus: “Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?”

Ayat Bacaan: Yoh. 11:40

Kalau kita merenungkan setiap aspek dari beberapa contoh yang tercatat dalam Injil Yohanes, kita akan nampak ini benar-benar adalah satu gambaran yang utuh, dari berbagai sudut mengilustrasikan bagaimana hayat Tuhan menyelamatkan manusia. Keadaan semula manusia benar-benar berada dalam kematian. Hidup manusia tidak puas; ingin berbuat baik tetapi tidak mempunyai kekuatan; hidup di dunia ini, dalam batin tidak ada suplai dan rawatan untuk eksistensi hidup; tidak bisa mengalahkan dosa; tambah lagi buta, berada dalam kegelapan; juga sebagai orang yang mati. Inilah keadaan yang sesungguhnya diri manusia.
Sekarang Tuhan Yesus datang. Dia adalah Allah, hayat berada di dalam-Nya. Dia telah datang, supaya kita mendapatkan hayat. Dia akan masuk ke dalam manusia, dengan hayat-Nya menyelamatkan manusia, Dia terlebih dulu masuk ke dalam manusia, melahirkan kembali manusia, supaya manusia keluar dari dalam maut dan masuk ke dalam hidup, yaitu mengalami kebangkitan. Manusia dilahirkan kembali dan bangkit dari kematian, hidup manusia menjadi puas, bermakna, lemah menjadi kuat, bisa melakukan apa yang dulu tidak bisa dilakukan, juga memiliki roti hayat dan air hayat, bersandar roti dan air hidup ini manusia hidup di hadapan Allah, bisa terlepas dari dosa, bersamaan dengan itu matanya tercelik, bisa melihat, dan sepenuhnya terlepas dari kematian. Demikianlah, manusia dengan sepenuhnya beroleh selamat. Untuk anugerah keselamatan ini, bersyukur dan memuji Tuhan!
Daniel Webster Wittle pernah menulis sebuah kidung indah yang menggambarkan bagaimana Kristus sebagai kebangkitan dan hayat menghidupkan kita. Kidung tersebut berjudul Once Far from God and Dead in Sin (Dulu Jauh dari Allah dan Mati di Dalam Dosa). Di sana dia menuliskan:

Dulu mati dalam dosa, hati gelap buta
Kini oleh firman Tuhan, ku tahu Dia dalamku
Dia di dalamku, Dia di dalamku
Oh, kurnia ini agung, Tuhan di dalamku

No comments: