Hitstat

16 July 2009

Yohanes Volume 4 - Minggu 2 Jumat

Dinodai Oleh Yudas Iskariot
Yohanes 12:4
Tetapi Yudas Iskariot, seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan Dia, berkata: “Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?”

Ayat Bacaan: Yoh. 12:4-10; 13:2; 1 Tim. 6:10; 2 Tim. 3:2; Mat. 24:12

Kehidupan gereja adalah suatu ujian bagi setiap orang (Yoh. 12:6-10). Kehidupan gereja dapat menelanjangi keadaan seseorang yang sebenarnya, menentukan di manakah hati orang itu dan bagaimana sikap seseorang kepada Tuhan. Kehidupan gereja juga menelanjangi pikiran seseorang yang tersembunyi di dalam hatinya. Ketika Maria mencurahkan minyak urapan yang mahal harganya untuk meminyaki kaki Tuhan dan menyeka kaki Tuhan dengan rambutnya, apa yang tersembunyi di dalam hati Yudas Iskariot pun tersingkapkan.
Yudas Iskariot sama sekali tidak menghargai perbuatan Maria. Yudas berkata: “Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?” (Yoh. 12:5). Yudas menganggap perbuatan Maria itu adalah satu pemborosan. Bahkan Yudas berpura-pura prihatin kepada fakir miskin (Yoh. 12:6). Namun, sebenarnya dia bukannya bersimpati kepada fakir miskin, tetapi cinta uang. Cintanya kepada uang melebihi cintanya kepada Tuhan. Itulah sebabnya Yudas tidak menghargai perbuatan yang dilakukan Maria terhadap Tuhan. Cinta Yudas terhadap uang telah memberi Satan kesempatan untuk masuk ke dalamnya, dan menguasainya (Yoh. 13:2), sehingga pada akhirnya Yuda mengkhianati Tuhan!
Mungkin banyak di antara kita yang dapat bersaksi betapa sulitnya mengalahkan rasa cinta terhadap uang. Dalam Satu Timotius 6:10 Paulus berkata: “Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang dan karena memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman...” Kata “memburu” di sini berarti merindukan, mendambakan. Setiap orang yang merindukan kekayaan dapat menyimpang dari iman, dapat diselewengkan dari isi kepercayaan kita dan dapat disimpangkan dari kebenaran Allah.
Memang pada jaman akhir ini, banyak orang akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang (2 Tim. 3:2). Sebaliknya, kasih orang terhadap Tuhan akan semakin memudar dan menjadi dingin (Mat. 24:12). Namun, kalau kita ingin memiliki kehidupan gereja yang tepat, setiap kita perlu bangun mengasihi Tuhan, mencurahkan milik kita yang terbaik kepada-Nya.

No comments: