Hitstat

23 July 2009

Yohanes Volume 4 - Minggu 3 Jumat

Deklarasi Hayat kepada Kaum Agamawan
Yohanes 12:40
Ia telah membutakan mata dan mendegilkan hati mereka, supaya mereka jangan melihat dengan mata, dan menanggap dengan hati, lalu berbalik, sehingga Aku menyembuhkan mereka.

Ayat Bacaan: Yoh. 12:40-50; Yes. 53:1; 6:10

Tidak peduli berapa banyaknya Tuhan sebagai hayat melakukan keajaiban, mukjizat dan tanda-tanda, kaum agamawan tidak mau mengikuti Dia. Mereka semata-mata tidak mau menerima-Nya, sebaliknya mereka menolak Dia. Yesaya telah menubuatkan hal ini. Ia berkata, “Siapakah yang percaya kepada berita yang kami dengar dan kepada siapakah tangan kekuasaan Tuhan dinyatakan?” (Yes. 53:1). Tangan kekuasaan Tuhan adalah Tuhan Yesus sendiri. Tuhan adalah tangan kekuasaan Allah untuk berbuat dan menolong, tetapi tak seorang dalam kalangan agama dapat mengenal tangan ini. Mereka menolak Dia mentah-mentah.
Apakah akibat dari penolakan kaum agamawan? Hukuman Allah. Kebutaan dan kedegilan hati adalah hukuman Allah yang dilakukan atas mereka yang menolak Tuhan karena ketidakpercayaan (Yes. 6:10). Dalam Yohanes 12:44-50, kita nampak deklarasi hayat kepada agama yang tak percaya. Di sini Tuhan menyatakan deklarasi yang terakhir kepada kaum agamawan. Setelah deklarasi ini, Tuhan tidak berurusan lagi dengan kaum agamawan. Pertama, Tuhan memproklamirkan bahwa Dialah manifestasi Allah yang hidup (Yoh. 12:44-45). Siapa saja yang melihat Dia, melihat Allah; dan siapa saja yang menerima Dia, menerima Allah, sebab Dialah manifestasi Allah kepada manusia.
Kedua, Tuhan memproklamirkan bahwa Dia datang ke dunia sebagai sinar terang, supaya orang jangan tinggal dalam kegelapan (Yoh. 12:46, 36). Kalau orang mau menerima terang ini, mereka akan mempunyai Allah. Dialah manifestasi Allah sebagai terang, dan kalau Anda menerima Dia sebagai terang, Anda akan memiliki Allah. Kalau orang percaya kepada-Nya, Ia takkan tinggal dalam kegelapan. Tetapi, kalau Anda menolak-Nya sebagai terang, Anda berada dalam kegelapan. Ia datang sebagai terang. Kalau Anda menerima Dia, Anda akan memiliki Allah dan akan menjadi seorang anak terang.
Ketiga, Tuhan memproklamirkan bahwa ia datang kepada manusia dengan firman hidup dan barangsiapa menerima perkataan-Nya, akan mempunyai hidup kekal sekarang dan selamanya, barangsiapa menolak firman-Nya, akan dihakimi oleh firman itu pada akhir zaman (Yoh. 12:47-50).

No comments: