Hitstat

22 July 2009

Yohanes Volume 4 - Minggu 3 Kamis

Berlangsungnya Penghakiman Atas Dunia Ini
Yohanes 12:31-32
Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar; dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku.”

Ayat Bacaan: Yoh.12:31-32; Rm. 8:3; Why. 12:9; Ibr. 2:14; 1 Yoh. 5:4; 2:16; 1 Ptr. 3:10-11

Melalui kematian-Nya di atas kayu salib, Tuhan menghukum dunia dan melemparkan iblis, si penguasa dunia (Yoh. 12:31-32). Dunia adalah suatu sistim jahat, yang diatur oleh iblis secara sistematis. Iblis telah mengatur secara sistematis semua perkara di bumi, terutama yang bertalian dengan umat manusia dan perkara-perkara di udara, ke dalam kerajaan kegelapannya untuk menguasai dan menggagalkan orang dari tujuan Allah dan menyelewengkan mereka dari kenikmatan akan Allah. Sistim jahat ini, yaitu kerajaan kegelapan dihukum ketika iblis, si penguasa, dilemparkan oleh penyaliban Tuhan ke dalam tubuh daging.
Di atas kayu salib, Tuhan sebagai Anak Manusia (Yoh. 12:23) ditinggikan dalam bentuk ular (Yoh. 3:14), yaitu “dalam rupa dosa di dalam daging” (Rm. 8:3). Iblis, penguasa dunia ini sebagai “ular tua” (Why. 12:9, 20:2), telah menginjeksikan dirinya ke dalam tubuh manusia. Melalui kematian-Nya di atas kayu salib “dalam rupa dosa di dalam daging”, Tuhan telah menghancurkan Iblis yang ada dalam tubuh daging manusia (Ibr. 2:14). Dengan menghukum Iblis secara demikian, dunia yang tergantung pada Iblis juga dihukum. Kini oleh kematian-Nya, kita ditebus, dipindahkan dan memperoleh hayat ilahi untuk mengalahkan dunia (1 Yoh. 5:4).
Apakah yang ada di dalam dunia? Satu Yohanes 2:16 mengatakan, “Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.” Keinginan daging adalah hawa nafsu tubuh kita; keinginan mata adalah hawa nafsu jiwa kita melalui mata; keangkuhan hidup adalah kesombongan, kebanggaan, kemuliaan sia-sia, dan pameran benda-benda material dari hidup zaman ini. Semua itu adalah komponen dunia. Saudara saudari kekasih, sadarkah Anda bahwa semua itu telah dihakimi Allah? Satu Petrus 3:10-11 menegaskan, “Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap. Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup.”

No comments: