Hitstat

24 April 2010

Kisah Para Rasul Volume 6 - Minggu 3 Minggu

Penglihatan Seorang Makedonia
Kisah Para Rasul 16:9
Pada malam harinya tampaklah oleh Paulus suatu penglihatan: Ada seorang Makedonia berdiri di situ dan memohon kepadanya, katanya: “Menyeberanglah ke mari dan tolonglah kami!”

Ayat Bacaan: Kis. 16:6-10; Ef. 4:23

Paulus dan sekerja-sekerjanya dicegah oleh Roh Kudus “untuk memberitakan Injil di Asia” (Kis. 16:6-9), dan Roh Yesus “tidak mengizinkan mereka” untuk masuk ke Bitinia. Setelah mereka sampai di Troas, mereka melihat suatu penglihatan, dimana seorang Makedonia memohon Paulus untuk datang ke Makedonia. Makedonia adalah suatu propinsi Kekaisaran Romawi di bagian tenggara Eropa dekat Laut Aegea, antara Trake dan Akhaya. Ini adalah sebuah langkah besar dalam pergerakan Tuhan bagi perluasan kerajaan-Nya ke benua Eropa. Dari langkah ini pula para rasul menerima penglihatan pada malam hari dan mengetahui maksud dari pencegahan Roh Kudus. Dan melalui pikiran yang diperbarui mereka menyimpulkan bahwa Allah memanggil mereka untuk membawa kabar baik kepada orang-orang Makedonia (Ef. 4:23).
Seruan Makedonia yang telah didengar Paulus itu juga menyatakan keperluan injil sangat mendesak pada hari ini. Ada kisah dua orang saudara yang diundang makan di rumah seorang teman mereka yang usianya cukup lanjut dan belum percaya Tuhan. Mereka bertiga bercakap-cakap sangat lama tentang banyak hal yang bersangkutan dengan ilmu pengetahuan. Berhubung waktu sudah larut malam, akhirnya mereka bermalam di situ. Namun, tidak lama kemudian teman mereka yang lanjut usia itu terjatuh dan meninggal seketika. Saudara itu kemudian berkata dengan sedih, bahwa jika dia tahu hal ini akan terjadi, maka dia tidak akan menghabiskan waktu untuk berbicara mengenai pengetahuan, tetapi akan memberitakan injil kepadanya. Pada hari ini, seruan Makedonia ini cukup banyak dan sangat mendesak! Sayang sekali, karena minat kita kurang, perasaan kita lamban, seruan itu terbengkalai, atau malah tidak kita dengar. Kita harus memohon Tuhan menggerakkan serta menambah minat kita untuk lebih banyak mengunjungi orang-orang disekitar kita dan memberitakan inijl kepada mereka. Kita juga perlu memiliki pikiran yang diperbarui di dalam roh dan pikiran kita melalui membaca firman Tuhan supaya perasaan di dalam kita menjadi peka dan dapat merasakan keperluan yang mendesak dari orang-orang terhadap Injil pada hari ini.

Karena jika aku memberitakan Injil,...itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil (1 Kor. 9:16)

No comments: