Hitstat

17 June 2010

Kisah Para Rasul Volume 8 - Minggu 2 Jumat

Diutus Kepada Bangsa Lain
Kisah Para Rasul 22:21
Tetapi kata Tuhan kepadaku: “Pergilah, sebab Aku akan mengutus engkau jauh dari sini kepada bangsa-bangsa lain.”

Ayat Bacaan: Kis. 22:16; 26:19; 1 Tim. 1:12

Dalam Kisah Para Rasul 1:8 Tuhan berpesan kepada murid-murid-Nya untuk menjadi saksi-saksi-Nya di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. Menjelang akhir pasal 9, Tuhan telah melakukan banyak hal untuk mempersiapkan jalan bagi Petrus guna membuka pintu bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi, untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah. Dia juga mempersiapkan Paulus untuk menjadi orang yang pergi memberitakan injil kepada bangsa-bangsa lain.
Dari zaman ke zaman Allah di dalam kedaulatan-Nya mempersiapkan orang untuk menjadi saksi-saksi-Nya. Contohnya: Hudson Taylor. Ia lahir di Barnsley, Inggris. Pada tahun 1830 ayahnya merasakan kondisi yang kasihan atas berjuta-juta orang di Cina yang menyembah berhala. Ia berdoa supaya Allah memberinya seorang anak laki-laki yang mengabdi bagi Cina. Walau Ia tidak mengatakan apa-apa tentang keinginan khususnya pada Hudson. Ketika berumur empat atau lima tahun, Hudson sering berkata, “Kelak aku dewasa, aku ingin menjadi seorang misionaris ke Cina.” Hudson berusaha mempersiapkan dirinya sendiri bagi jenis kehidupan yang lebih keras di Cina. Ia juga mulai melakukan apa yang dikerjakan oleh orang Kristen, ia membagi-bagikan traktat, mengajar sekolah minggu, mengunjungi orang miskin dan orang sakit. Ia banyak belajar Alkitab dan berdoa. Ia dengan bersemangat belajar bahasa Cina walau tidak memiliki guru dan tidak mampu membeli buku atau kamus tata bahasa Cina. Kerja keras dan kepintarannyalah yang mengerjakan keajaiban. Dalam beberapa minggu ia dan sepupunya ada di toko dan telah menemukan arti lebih dari 500 huruf. Pada tahun 1866 ia sekeluarga dan enam belas orang lainnya menjadi kelompok pertama dari China Inland Mission (CIM). Pada tahun itu ada dua pos yang didirikan. Dan di akhir bulan Maret 1895, CIM memiliki 621 anggota dan menetap di 122 pos pusat.
Tuhan mengutus kita untuk menjadikan semua bangsa murid Tuhan (Mat. 28:19). Kita perlu memberitakan Injil kepada semua orang. Ini harus menjadi visi dan realitas kehidupan kita. Kita perlu pergi membagikan traktat, buku-buku Injil, dan memberitakan Injil kepada semua orang.

Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: “Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?” Maka sahutku: “Ini aku, utuslah aku!” (Yes. 6:8)

No comments: