Hitstat

24 June 2010

Kisah Para Rasul Volume 8 - Minggu 3 Jumat

Kedaulatan Penyelamatan Tuhan (1)
Kisah Para Rasul 23:16
Akan tetapi kemenakan Paulus, anak dari saudaranya perempuan mendengar tentang penghadangan itu. Ia datang ke markas dan masuk untuk memberitahukan hal itu kepada Paulus.

Ayat Bacaan: Kis. 23:9-24; 1 Tes. 5:18

Apa yang tercatat dalam Kisah Para Rasul 23 memperlihatkan ke-daulatan Tuhan yang secara diam-diam menyelamatkan hidup Paulus. Walaupun Allah kelihatannya tidak di sana, sebenarnya Dia dengan kedaulatan-Nya merawat Paulus. Allah dengan kedaulatan-Nya mengatur kepala pasukan Romawi, mengambil Paulus dan membawanya ke markas ditengah-tengah keributan (Kis. 23:9-10). Kemudian Allah mengatur melalui kemenakan Paulus (anak dari saudaranya perempuan) dan kepala pasukan Romawi, menyelamatkan Paulus dari rencana pembunuhan (Kis. 23:16-24). Semua kejadian ini bukan suatu kebetulan tetapi semuanya diatur oleh Allah yang tersembunyi dalam rawatan-Nya yang rahasia bagi umat-Nya.
Dengan prinsip yang sama, dalam Perjanjian Lama, Kitab Ester, juga memperlihatkan pada kita usaha Allah yang berdaulat untuk merawat umat-Nya meskipun Dia tersembunyi. Walaupun Allah menyembunyikan diri-Nya (nama Allah bahkan tidak disebutkan dalam kitab ini) dan umat Allah tidak dapat melihat Dia, tetapi rawatan-Nya kepada mereka sangat nyata.
Allah kita Mahaada, Mahakuasa, penuh belas kasihan, dan penuh pengampunan. Dia juga Allah yang tersembunyi. Orang mungkin akan bertanya kepada kita, “Dimanakah Allahmu? Di manakah kerajaan-Nya?” Kita dapat menjawab demikian, “Allah-ku itu tersembunyi. Saya tidak dapat melihat Dia, dan Anda juga tidak dapat melihat-Nya. Tetapi Anda harus sadar bahwa cepat atau lambat Allah-ku yang tersembunyi ini akan melakukan sesuatu untuk kepentinganku dan Dia akan menanggulangi mereka yang tidak percaya kepada-Nya.” Kita perlu menyadari bahwa hari ini di dalam zaman gereja, Allah yang Mahakuasa yang kita layani masih menyembunyikan diri-Nya sendiri, terutama ketika Dia sedang membantu kita. Sering kali ketika kita menemui masa yang sulit, keli-hatannya Allah tidak ada di sana dan kita tidak melihat Dia. Tetapi sesungguhnya Dia sedang melakukan banyak hal untuk merawat kita secara diam-diam demi tujuan dan ekonomi-Nya. Kita harus memiliki iman bahwa Allah dengan diam-diam memperhatikan kita. Tidak peduli kelihatannya baik atau buruk, semua berasal dari Tuhan, dan Dia merancangkan yang terbaik di hati-Nya.

Sungguh, Engkau Allah yang menyembunyikan diri, Allah Israel, Juruselamat. (Yes. 45:15)

No comments: