Hitstat

03 November 2011

2 Korintus - Minggu 6 Kamis

Pembacaan Alkitab: 2 Kor. 5:1-8


Ketika para minister perjanjian yang baru berperilaku menurut penyusunan batiniah mereka dan menempuh kehidupan tersalib untuk mengekspresikan hayat kebangkitan, mereka merindukan, mengharapkan, mendambakan untuk mengenakan tubuh yang sudah diubah. Ini berarti mereka rindu akan penebusan tubuh mereka. Roh mereka telah dilahirkan kembali, jiwa mereka telah diperbarui dan diubah, tetapi masih ada satu masalah yang berhubungan dengan tubuh yang telah jatuh dan fana ini. Tubuh ini adalah satu beban bagi mereka. Mereka mengeluh di bawah beban ini. Mereka tidak memiliki masalah apa pun dalam roh mereka atau dalam jiwa mereka. Jiwa mereka telah disusun dengan unsur ilahi. Tetapi mereka masih memiliki satu masalah dengan tubuh yang fana ini.

Dalam karunia keselamatan Allah yang penuh dan lengkap, ada satu hal yang berkaitan dengan masalah tubuh fana kita, yakni transfigurasi. Transfigurasi mengubah tubuh fana kita menjadi tubuh yang mulia, sama seperti tubuh kebangkitan Tuhan Yesus. Aspek karunia keselamatan Allah ini sangat mengandung janji; janji ini adalah pengharapan akan kemuliaan.

Setelah memberi kita satu pandangan yang jelas tentang bagaimana para minister dari perjanjian yang baru ini disusun dengan Allah Tritunggal dan bagaimana mereka berperilaku untuk memancarkan Injil dan menempuh kehidupan tersalib, Paulus selanjutnya membicarakan kerinduan mereka untuk memiliki penebusan atas tubuh yang telah jatuh ini. Namun, dalam Surat Kiriman ini, Paulus tidak membicarakan tentang penebusan tubuh kita, istilah yang digunakan dalam Roma 8. Sebaliknya, ia memilih perkataan lainnya, yaitu satu ekspresi yang lebih dalam.

Dua Korintus 5:1 mengatakan, "Karena kami tahu bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di surga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia." "Karena" menunjukkan bahwa apa yang akan disinggung adalah penjelasan dari apa yang dikatakan dalam 4:13-18. Dalam pasal ini rasul memberi tahu kita tentang kerinduan mereka terhadap penebusan tubuh (ayat 1-8; Rm. 8:23), ambisi dan tekad mereka untuk menyenangkan hati Tuhan (ayat 9-15), serta amanat Tuhan kepada mereka untuk ciptaan baru-Nya (ayat 16-21). Mereka memperhatikan hal-hal yang tidak kelihatan, bukan hal-hal yang kelihatan.


Sumber: Pelajaran-Hayat 2 Korintus, Buku 1, Berita 12

No comments: