Hitstat

22 November 2011

2 Korintus - Minggu 9 Selasa

Pembacaan Alkitab: Yoh. 1:4, 16; 14:23


Marilah kita mengambil beberapa contoh dari 1 Korintus untuk menggambarkan apa yang kita maksud dengan bulu, kulit, dan daging dalam firman Allah itu. Satu Korintus 1:12 mengatakan, "Yang aku maksudkan ialah kamu masing-masing berkata: Aku dari golongan Paulus. Atau aku dari golongan Apolos. Atau aku dari golongan Kefas. Atau aku dari golongan Kristus." Ayat ini membicarakan perpecahan. Mengenai perpecahan ini, beberapa orang guru Kaum Saudara (The Brethren) mengatakan seperti ini: "Dalam 1 Korintus 1:12 Paulus menegur orang-orang yang mengatakan bahwa mereka adalah golongan Kefas, golongan Apolos, golongan Paulus, dan golongan Kristus. Lalu, mengapa Anda mengambil nama-nama seperti Lutheran, Presbyterian, atau Wesleyan? Bukankah perkataan Paulus ini dapat diterapkan kepada perkara menyandang nama-nama denominasi? Praktek ini harus ditegur." Ini adalah pengajaran yang baik, dan mendasar. Meskipun demikian, pengajaran ini adalah kulit dan bulu. Ini bukanlah daging dari firman Allah.

Apakah 1 Korintus terutama mewahyukan perkara perpecahan? Tidak, wahyu dasarnya di sini berkenaan dengan persekutuan dengan Putra Allah. Selain itu, pasal ini mengajarkan bahwa Kristus, Dia yang tersalib itu, adalah hikmat Allah dan kekuatan Allah bagi kita. Kristus ini sekarang adalah kebenaran, pengudusan, dan penebusan kita setiap hari. Inilah wahyu dasar dalam 1 Korintus 1.

Jika kita ingin makan daging ayam, kita perlu mencabuti bulunya dan mengupas kulitnya. Demikian juga, jika kita ingin menemukan daging dalam 1 Korintus 1, kita harus masuk lebih dalam, tidak berhenti pada bulu dan kulit dalam pasal ini. Demikian kita akan melampaui perpecahan dan roh pemecah belah, dan akan nampak bahwa Kristus, Putra Allah adalah bagian kita dan bahwa Dia, hikmat dan kekuatan Allah, dapat dinikmati sebagai kebenaran, pengudusan, dan penebusan kita setiap hari. Kita semua perlu melihat Kristus secara demikian dan mengambil bagian dalam makanan yang limpah itu. Jika kita tetap tinggal dalam ayat 12, dan memusatkan perhatian pada perkara perpecahan, kita hanya akan memiliki bulu dan kulitnya. Kita tidak akan menikmati daging yang sehat -- yaitu Kristus sebagai bagian kita. Saya dapat bersaksi bahwa ketika saya membaca 1 Korintus 1, saya tidak memperhatikan kulit perpecahan saja; lebih dari itu, saya menikmati Kristus yang tersalib sebagai bagian saya dan sebagai kebenaran, pengudusan, dan penebusan saya.

Alkitab yang bagaimana yang Anda miliki? Apakah Alkitab Anda hanyalah satu kitab yang terdiri atas bulu dan kulit saja, atau Alkitab Anda adalah satu kitab yang terdiri atas daging? Kita harus hati-hati dalam menjawab pertanyaan ini. Jawaban yang paling baik adalah: "Alkitabku bukan hanya kitab yang terdiri atas bulu dan kulit, tetapi juga kitab yang kaya akan daging." Ayam memerlukan bulu dan kulit juga daging. Tanpa bulu dan kulit, ayam tidak akan dapat bertumbuh. Demikian juga, dalam Alkitab ada kulit, bulu, dan daging. Tetapi tragedi di antara orang-orang Kristen pada hari ini adalah mereka tidak banyak memperhatikan dagingnya. Karena itu, beban saya adalah menyuplaikan daging dari firman Allah kepada umat Tuhan.


Sumber: Pelajaran-Hayat 2 Korintus, Buku 1, Berita 17

No comments: