Hitstat

16 February 2018

Matius - Minggu 20 Jumat



Pembacaan Alkitab: Mat. 13:44-46; Why. 11:15
Doa baca: “Lalu malaikat yang ketujuh meniup sangkakalanya, dan terdengarlah suara-suara nyaring di dalam surga, katanya, ‘Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita dan Dia yang diurapi-Nya, dan Ia akan memerintah sebagai Raja sampai selama-lamanya.’” (Why. 11:15)


Matius 13:44 mengatakan,“Hal Kerajaan Surga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamnya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu.” Harta yang terpendam di ladang tersebut pasti terdiri dari emas atau batu permata, yaitu bahan bagi pembangunan gereja dan Yerusalem Baru (1 Kor. 3:12; Why. 21:18-20).

Karena gereja adalah pelaksanaan dari kerajaan pada hari ini, dan karena Yerusalem Baru akan menjadi kerajaan dalam manifestasinya pada zaman yang akan datang, maka harta yang terpendam di ladang tentu menyatakan kerajaan yang tersembunyi di bumi yang diciptakan oleh Allah. Kerajaan benar-benar merupakan harta bagi Tuhan. Betapa berharganya kerajaan ini dalam pandangan Tuhan! Wahyu 11:15 mengatakan, “Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita dan Dia yang diurapi-Nya, dan Ia akan memerintah sebagai Raja sampai selama-lamanya.” Ini akan terjadi pada masa seribu tahun, yaitu ketika seluruh bumi ini akan menjadi Kerajaan Kristus. Inilah harta yang terpendam di ladang.

Ayat 46 mengatakan, “Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, ia pun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu.” Untuk memiliki kerajaan di atas bumi, Ia harus menebus bumi, karena bumi ini telah dikotori dan dirusak oleh kejatuhan Satan dan dosa manusia. Tuhan menjual semuanya itu agar Ia dapat memiliki dan membeli bumi dengan jalan mengurbankan apa yang Dia miliki di atas salib untuk menebus bumi bagi harta kerajaan. Selama masa seribu tahun, bumi akan menjadi Kerajaan Kristus.


Sumber: Pelajaran-Hayat Matius, Buku 3, Berita 39

No comments: