Hitstat

27 February 2020

Yohanes - Minggu 15 Kamis


Pembacaan Alkitab: Yoh. 14:2; Rm. 12:5; 1 Kor. 3:16
Doa baca: “Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.” (Yoh. 14:2)


Tuhan yang Menyediakan Tempat Tinggal


Apakah arti “tempat tinggal” itu? Banyak tempat tinggal mengacu kepada banyak anggota Tubuh Kristus (Rm. 12:5), dan Tubuh ini adalah Bait Allah (1 Kor. 3:16-17). Tubuh Kristus memiliki banyak anggota, dan masing-masing anggota adalah sebuah tempat tinggal. Jadi, banyak tempat tinggal berarti banyak anggota Tubuh, hal ini bisa dibuktikan oleh Yohanes 14:23 bahwa Tuhan dan Bapa akan membangun sebuah tempat tinggal bersama orang-orang yang mengasihi Dia. Semua pencinta Tuhan adalah sebuah tempat tinggal yang dibangun oleh Allah.

Tuhan mengatakan, “Aku pergi” dalam Yohanes 14:2 berarti Tuhan akan pergi melalui mati dan bangkit untuk membangun tempat tinggal Allah. Inilah pembangunan yang disinggung oleh Tuhan di dalam Matius 16:18. Bagian firman dalam Yohanes 14:2 dan Matius 16:18 dapat disejajarkan karena Tuhan hanya mempunyai satu pekerjaan yakni Ia menyediakan tempat tinggal yang tidak lain adalah untuk membangun gereja. “Aku pergi untuk menyediakan tempat bagimu” artinya Tuhan akan menggenapkan penebusan, membuka jalan agar manusia beroleh tumpuan untuk dibangun di dalam Allah. Allah ingin Dia tinggal di dalam kita, namun kita perlu terlebih dahulu masuk ke dalam Dia.

Supaya Allah dan manusia dapat saling huni, Tuhan perlu melakukan pekerjaan persiapan yakni dengan Dia pergi ke salib untuk menyingkirkan segala rintangan antara kita dan Allah. Mari kita mendengarkan kabar baik ini: melalui kematian dan kebangkitan Kristus, Ia telah membuka jalan yang menuju ke dalam Allah, bahkan menyediakan suatu tumpuan bagi kita di hadapan dan di dalam Allah. Asalkan kita percaya ke dalam nama Tuhan Yesus, kita memiliki jaminan bahwa kita telah beroleh kedudukan di depan Allah dan memperoleh tumpuan di dalam Allah.


Sumber: Pelajaran-Hayat Yohanes, Buku 2, Berita 30

No comments: