Hitstat

18 August 2020

Kisah Para Rasul - Minggu 15 Selasa

 

Pembacaan Alkitab: Kis. 9:32-43

Kidung #209

 

 

Penyebaran Ministri Petrus

 

 

Doa baca: “Kata Petrus kepadanya, 'Eneas, Yesus Kristus menyembuhkan engkau; bangkitlah dan bereskanlah tempat tidurmu!' Seketika itu juga bangkitlah orang itu. Semua penduduk Lida dan Saron melihat dia, lalu mereka berbalik kepada Tuhan.” (Kis. 9:34-35)

 

 

Kisah Para Rasul 9:32 mengatakan, “Pada waktu itu Petrus berjalan keliling, mengadakan kunjungan kemana-mana. Ia singgah juga kepada orang-orang kudus yang tinggal di Lida.” Sewaktu ia berada di Lida, Petrus menyembuhkan, “seorang bernama Eneas, yang telah delapan tahun terbaring di tempat tidur karena lumpuh” (ay. 33). Petrus berkata kepadanya, “‘Eneas, Yesus Kristus menyembuhkan engkau; bangkitlah dan bereskanlah tempat tidurmu!’ Seketika itu juga bangkitlah orang itu. Semua penduduk Lida dan Saron melihat dia, lalu mereka berbalik kepada Tuhan” (ayat 34-35).

 

Dalam 9:36-43 terdapat kesembuhan atau kebangkitan Dorkas di Yope. Istilah “kebangkitan” sebagai ungkapan tegas, tidak dipakai disini. Karena itu lebih baik mengatakan bahwa melalui Petrus ia disembuhkan atau dihidupkan.

 

Dalam 9:32-34 kita melihat Petrus dalam ministrinya di luar Yerusalem, bahkan di luar Yudea, yakni di satu daerah yang agak berhubungan dengan bangsa bukan Yahudi. Ketika Petrus berada di Yope, ia tidak jauh dari Kaisarea, yang adalah pusat pemerintahan Romawi. Ini berarti Petrus telah bergerak jauh dari Yerusalem, pusat agama Yahudi, ke Kota Kaisarea, kota tempat salah satu gubernur Romawi tinggal. Karena Yope dekat dengan Kaisarea, kota itu menjadi satu batu loncatan bagi Petrus untuk membuka pintu kerajaan bagi bangsa bukan Yahudi. Karena itu, tinggalnya Petrus di Yope merupakan satu persiapan baginya untuk pergi ke rumah Kornelius, dan memakai kunci kedua yang diberikan kepadanya oleh Tuhan untuk membuka pintu itu, supaya bangsa bukan Yahudi dapat masuk ke dalam kerajaan. Seperti yang akan kita lihat, di Kaisarea Petrus membuka pintu bagi bangsa Romawi untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah.

 

 

Sumber: Pelajaran-Hayat Kisah Para Rasul, Buku 2, Berita 28

No comments: