Hitstat

01 August 2020

Kisah Para Rasul - Minggu 12 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Kis.8:14-26
Kidung #658


Pekerjaan Milik Kristus dan Gereja


Doa baca: “Setelah keduanya bersaksi dan memberitakan firman Tuhan, kembalilah mereka ke Yerusalem dan dalam perjalanannya itu mereka memberitakan Injil dalam banyak desa di Samaria.” (Kis. 8:25)


Mempersaksikan firman Tuhan adalah bersaksi berdasarkan pengalaman pribadi terhadap Tuhan, dan memberitakan firman Tuhan berarti memberitakan dan mengajar menurut wahyu Tuhan. Untuk bersaksi kita perlu pengalaman penglihatan dan penikmatan terhadap Tuhan atau hal-hal rohani.

Kisah Para Rasul 8:26 mengatakan, “Kemudian berkatalah seorang malaikat Tuhan kepada Filipus: Bangkitlah dan berangkatlah ke sebelah selatan, menurut jalan yang turun dari Yerusalem ke Gaza. Jalan itu jalan yang sunyi.” Filipus telah memainkan satu peran penting dalam pekerjaan di Samaria. Tidak diragukan lagi, orang-orang beriman percaya kepadanya dan bersandar padanya. Tetapi tiba-tiba Filipus disuruh bangun dan pergi ke selatan oleh seorang malaikat. Dalam hal ini Filipus meninggalkan pekerjaan di Samaria, kita melihat satu teladan dengan satu prinsip penting. Prinsip ini adalah bahwa kapan saja kita pergi ke satu tempat dan mendirikan gereja di sana, kita harus siap untuk meninggalkan tempat itu, bahkan untuk “dilarikan”. Tetapi, kebanyakan dari antara kita memiliki kecenderungan untuk menetap di satu tempat di mana gereja yang kuat telah didirikan melalui kita. Apakah Anda senang untuk “dilarikan” dari gereja yang didirikan melalui Anda? Menurut teladan di sini, kita harus siap untuk meninggalkan pekerjaan apa pun yang telah didirikan melalui kita.

Tidak boleh ada pekerjaan yang tetap berada di tangan kita. Tidak peduli berapa banyak yang telah kita lakukan atau berapa banyak yang telah kita rampungkan, kita harus siap meninggalkan pekerjaan kita kepada gereja, kepada orang-orang kudus, kepada Tuhan, dan membiarkan Roh itu membawa kita lari. Inilah satu prinsip penting dalam pemulihan Tuhan, dan kita perlu mengikutinya pada hari ini.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kisah Para Rasul, Buku 1, Berita 23

No comments: