Hitstat

11 August 2008

Markus Volume 7 - Minggu 2 Selasa

Berjumpa dengan Kristus yang Bangkit
Markus 16:9
Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.

Ayat Bacaan: Mrk. 16:1-11; Yoh. 20:11-13

Markus 16:1-11 mengisahkan bahwa yang pertama kali menemukan fakta bahwa Kristus telah bangkit adalah tiga saudari, yakni Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus, dan Salome. Merekalah yang pertama kali menemukan bahwa batu penutup pintu kubur Yesus telah terguling dan kubur itu kosong (Mrk. 16:4-6). Namun kepada siapakah Kristus yang telah bangkit itu menampakkan diri pertama kali? Maria Magdalena (Mrk. 16:9).
Menemukan fakta bahwa Kristus telah bangkit memang penting, tetapi betapa lebih pentingnya perjumpaan langsung dengan Kristus yang bangkit. Manakah yang Anda dambakan, melihat kubur yang kosong, ataukah melihat Kristus yang bangkit? Manakah yang lebih menarik Anda, memiliki pengetahuan tentang kebangkitan Kristus, ataukah berjumpa langsung dengan Dia? Kiranya kita semua memiliki kedambaan yang sama, yaitu damba memiliki kehadiran dan penyertaan Tuhan yang hidup dalam roh kita!
Siapakah Maria Magdalena, sehingga Kristus berkenan lebih dahulu menampakkan diri-Nya kepada dia? Maria Magdalena mungkin tidak sekuat Petrus, Yohanes, atau Yakobus, tetapi hatinya benar-benar tertambat pada Tuhan. Sejak Dia ditolong oleh Tuhan, yakni melepaskan dia dari perasukan tujuh setan, kasihnya hanya tertuju pada Tuhan. Menurut catatan Yohanes 20:11-13, ketika dia berjumpa dengan malaikat, yang ditanyakan olehnya hanyalah diri Tuhan. Malaikat pun tidak bisa menarik perhatiannya. Hati yang demikianlah yang paling berharga di mata Tuhan, sehingga Tuhan mau tidak mau harus menampakkan diri kepada Maria Magdalena.
Adakah kita memiliki hati yang demikian ngotot (desperately) mencari Tuhan? Apakah kita benar-benar mendambakan Dia sebagaimana Maria Magdalena? Hari ini Kristus adalah Roh itu, dan Dia terwujud di dalam firman. Kapan kala kita dengan tulus mengasihi dan mencari Dia di dalam firman kudus-Nya, segera kita akan menikmati kehadiran dan penyertaan-Nya yang hidup di dalam roh kita! Tidak peduli bagaimana situasi dan kesibukan kita, kita masih dapat menyediakan waktu untuk berjumpa dengan Kristus yang bangkit di dalam seruan dan doa kita kepada-Nya, serta di dalam pembacaan Alkitab kita.

No comments: