Hitstat

30 August 2008

Markus Volume 8 - Minggu 1 Minggu

Tuhan Yesus Menyembuhkan 4 Penyakit Kita
1 Petrus 2:24
Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.

Ayat Bacaan: Mrk. 1:30-31; 40-45; 2:1-12; 3:1-6; 1 Ptr. 2:24: Yeh. 36:26; Ibr. 10:16

Menurut catatan dalam Injil Markus, Tuhan datang sebagai seorang penabur untuk menaburkan diri-Nya sendiri ke dalam kita. Di satu pihak, Tuhan adalah Penabur, di pihak lain Dia juga adalah benih hayat, dan kita adalah tanah garapan-Nya. Karena Sang Penabur dan benih yang ditaburkan adalah Tuhan sendiri sebagai hayat, maka di pihak Tuhan tentu tidak ada masalah. Tetapi bagaimanakah dengan kita yang adalah tanah garapan-Nya? Kita penuh dengan masalah. Di pandangan Tuhan, kita adalah tanah yang “sakit”, penuh dengan berbagai penyakit kronis. Itulah sebabnya, dalam permulaan ministri-Nya, Tuhan terlebih dahulu menyembuhkan kita.
Dalam Injil Markus, kondisi kita yang sakit itu diwakili oleh ibu mertua Simon yang sakit demam (Mrk. 1:30-31); orang yang sakit kusta (Mrk. 1:40-45); orang lumpuh yang dibawa kepada Tuhan (Mrk. 2:1-12); dan orang yang tangannya mati sebelah (Mrk. 3:1-6). Demam melambangkan temperamen kita yang tidak terkendali. Kusta melambangkan kenajisan atau kecemaran sebagai hukuman atas pemberontakan kita terhadap Allah. Lumpuh melambangkan ketidakmampuan kita dalam menempuh jalan Tuhan. Sedangkan tangan yang mati sebelah melambangkan ketidakmampuan kita dalam bekerja atau melayani Tuhan. Inilah kondisi kita sebelum kita berjumpa dengan Tuhan. Tetapi syukur kepada Tuhan, Dia datang dengan Injil-Nya dan menyembuhkan kita!
Menurut fakta Alkitab, saat kita percaya kepada Tuhan dan menerima karya penebusan-Nya, kita sudah disembuhkan (1 Ptr. 2:24). Masalahnya, Iblis seringkali mendustai pikiran kita, mengatakan bahwa kita belum sembuh sepenuhnya. Anehnya, banyak juga anak-anak Allah yang lebih mempercayai dusta Iblis ini daripada mempercayai firman Allah.
Saudara saudari, yang benar adalah kita telah disembuhkan! Demi iman kita harus mengumumkan bahwa di dalam Kristus, kita telah sembuh! Sekarang kita dapat mengasihi Tuhan, berjalan mengikuti Tuhan, dan melayani Dia karena Dia telah memberikan hati dan roh yang baru kepada kita (Yeh. 36:26; Ibr. 10:16). Yang harus kita lakukan sekarang adalah melatih roh dan iman kita, membiarkan Kristus bertumbuh dan menduduki setiap bagian diri kita.

No comments: