Hitstat

17 August 2008

Markus Volume 7 - Minggu 3 Senin

Kehidupan yang Menghasilkan Pembangunan
1 Korintus 14:12b
Kamu memang berusaha untuk memperoleh karunia-karunia Roh, tetapi lebih daripada itu hendaklah kamu berusaha mempergunakannya untuk membangun Jemaat.

Ayat Bacaan: Yoh. 5:30; 8:28; 2 Kor. 8:9; 1 Kor. 14:12

Kehidupan Tuhan selama di bumi bukan hanya kehidupan yang menampilkan kebajikan-kebajikan dan kuasa Allah, tetapi juga kehidupan yang menghasilkan pembangunan Tubuh Kristus. Kehidupan seperti apakah yang dapat menghasilkan pembangunan Tubuh Kristus? Kehidupan yang berada di bawah bayang-bayang salib. Ketika Kristus hidup di bumi, apa yang Dia katakan dan lakukan, tidak satu pun yang berasal dari diri-Nya sendiri, tetapi berasal dari Bapa (Yoh. 5:30; 8:28). Setiap hari Tuhan memperhidupkan suatu kehidupan yang tersalib. Dia sepenuhnya menolak ego dan keinginan daging, membiarkan diri-Nya dimatikan, sehingga hayat Bapa dapat diperhidupkan melalui Dia.
Hal apakah yang paling merusak pembangunan Tubuh Kristus? Banyak hal dapat merusak pembangunan Tubuh Kristus, namun yang paling utama adalah ego. Karena ego, timbullah berbagai masalah, seperti perpecahan, perseteruan, dan ambisi. Saudara saudari, kalau kita ingin memiliki kehidupan yang dapat menghasilkan pembangunan, maka musuh utama yang harus kita perangi adalah ego kita! Kalau ego kita tidak ditanggulangi, maka cepat atau lambat kita akan menjadi masalah yang serius bagi pembangunan Tubuh Kristus.
Demi membangun Tubuh-Nya, Kristus rela menanggalkan segalanya, rela melepaskan takhta dan kemuliaan-Nya di surga dan menjadi seorang hamba. Sekalipun Dia kaya, tetapi oleh karena kita, Dia rela menjadi miskin, supaya kita menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya (2 Kor. 8:9). Inilah gambaran dari kehidupan yang sepenuhnya bagi pembangunan Tubuh Kristus.
Saudara saudari, untuk membangun sebuah organisasi, tidak terlalu sulit, karena tidak diperlukan hayat. Tetapi untuk membangun Tubuh Kristus, tidak mudah, karena Tubuh Kristus hanya dapat dibangun dengan hayat ilahi. Oleh sebab itu, tidak ada jalan lain untuk berbagian dalam pembangunan Tubuh Kristus, selain melewati kematian dan kebangkitan Kristus. Hanya kehidupan yang telah diserupakan dengan kematian Kristuslah yang dapat menghasilkan pembangunan. Apa pun yang kita miliki, termasuk karunia rohani, harus melewati kematian Kristus, barulah dapat digunakan untuk membangun Tubuh-Nya.

No comments: