Hitstat

09 December 2010

Roma Volume 4 - Minggu 3 Kamis

Kembali ke dalam Roh
Galatia 5:16
Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.

Ayat Bacaan: Gal. 5:16; 1 Kor. 2:9-10

Di dalam 1 Korintus 2:9 Paulus berkata, “Tetapi seperti ada tertulis: ‘Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: Semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” Di dalam ayat 10 Paulus melanjutkan, “Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.” Ini berarti ketika kita melatih roh kita untuk berkata, “Tuhan Yesus, aku cinta pada-Mu,” dan melatih roh kita untuk mengontaki Dia, Roh ilahi dinyalakan di dalam kita, dan Dia melakukan penelitian secara aktif untuk menyelidiki kedalaman Alalh mengenai Kristus sebagai persekutuan hayat ilahi dan menyingkapkan Kristus sebagai hayat kekal yang mengalir bagi partisipasi, pengalaman, dan kenikmatan kita sehingga kita bisa masuk ke dalam realitas kehidupan di dalam Tubuh Kristus.
Janganlah mengabaikan roh kita yang telah dilahirkan kembali, menara tinggi di dalam kita di mana kita dapat bersembunyi dari Iblis. Kapan kala kita dicobai untuk berdebat dengan istri atau suami kita, kita harus lari ke dalam menara ini. Perdebatan di dalam kehidupan pernikahan berasal dari pikiran yang ditunggangi oleh daging. Kapan saja seorang saudara memiliki pikiran negatif tentang istrinya, maka daging akan berusaha untuk mengganggunya untuk berdebat dengannya. Ini menunjukkan bahwa daging selalu siap untuk membantu pikiran di dalam hal negatif. Apa yang harus kita lakukan tentang hal ini? Kita harus melarikan diri ke dalam menara yang tinggi dari roh kita yang telah dilahirkan kembali, tempat di mana Iblis tidak dapat menjamah kita, tempat di mana kita dapat menikmati Kristus sebagai hayat kita dan mengalami realitas Tubuh. Bila kita berada di dalam tempat yang demikian, maka Iblis tidak akan dapat berbuat apa-apa terhadap kita.
Tidak sulit untuk masuk ke dalam menara yang tinggi di dalam roh kita. Kita hanya perlu berseru kepada nama Tuhan Yesus. Selama kita tinggal di dalam roh kita, maka kita memiliki kemenangan atas Iblis. Ia akan tunduk dan bahkan akan dihancurkan di bawah kaki kita.

Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya. (Ams. 20:27)

No comments: