Hitstat

30 January 2011

Roma Volume 6 - Minggu 2 Minggu

Pujian Penutup: Kemuliaan Bagi Dia!
Roma 16:25a, 27
Bagi Dia, yang berkuasa menguatkan kamu … bagi Dia, satu-satunya Allah yang penuh hikmat, melalui Yesus Kristus: Segala kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.

Ayat Bacaan: Kol. 1:26-27; 2:2; Ef. 1:22-23; 3:4-6; 5:32

Dalam pasal 16, keperluan kita bukan lagi diselamatkan atau dikuduskan, melainkan dikuatkan. Karena segala sesuatu sudah dirampungkan, maka kita hanya perlu dikuatkan. Kaum beriman dewasa ini benar-benar perlu dibebaskan dari ajaran-ajaran dan praktek-praktek yang memecah belah, dan dikuatkan melalui Injil yang murni dan sempurna, melalui memberitakan dan melayankan Kristus yang hidup dan almuhit, dan melalui wahyu dari rahasia Allah. Rahasia yang tersembunyi berabad-abad lamanya ini ada dua aspek: yang kesatu, ialah rahasia Allah (Kol. 2:2) yaitu Kristus, yang ada di dalam kaum beriman (Kol. 1:26, 27), menjadi hayat dan segala sesuatu mereka, hingga mereka menjadi anggota Tubuh Kristus. Yang kedua, ialah rahasia Kristus (Ef. 3:4-6) yakni gereja, Tubuh-Nya yang mengekspresikan kelimpahan-Nya (Ef. 1:22-23). Karena itu, Kristus dan gereja adalah rahasia besar (Ef. 5:32). Hanya Injil yang murni, Kristus yang hidup, dan rahasia Allah yang diwahyukan, yang dapat menguatkan kita dan memelihara kita dalam keesaan bagi hidup gereja.
Dalam penutupnya, kitab ini memberikan kemuliaan kepada Allah yang penuh hikmat. Semua perkara yang dibahas dalam kitab ini, seperti bagaimana Allah memilih kita, membuat kita, orang-orang dosa menjadi anak-anak ilahi-Nya, menguduskan dan mengubah kita di dalam Kristus, membuat kita menjadi gereja-gereja lokal yang terwujud di berbagai tempat sebagai ekspresi Tubuh Kristus di bumi dalam zaman ini - semua perkara ini direncanakan, dikelola, dan dirampungkan dengan hikmat Allah, agar Dia, Allah Tritunggal yang kaya tak terbatas, dapat dimuliakan dengan sepenuhnya dan seutuhnya dan diekspresikan melalui kita yang sudah disempurnakan secara kekal oleh-Nya dan yang sudah menjadi Tubuh-Nya dan telah menjadi satu dengan Dia. Inilah yang patut kita hargai dan sembah! Betapa diberkati dan betapa mulianya, kita dapat mengambil bagian dalam hal ini! Hal ini patut kita nyanyikan dan puji selama-lamanya! Hal ini seharusnya menjadi pusat dan sasaran kehidupan kristiani kita dan kehidupan gereja kita. Semoga Allah memberkati secara demikian, setiap orang yang sudah dipilih dan disempurnakan oleh-Nya.

Bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin. (Ef. 3:21)

No comments: