Hitstat

17 March 2008

Markus Volume 2 - Minggu 1 Selasa

Mengalami Kristus sebagai Anggur yang Baru
Markus 2:22
Demikian juga tidak seorangpun menuang anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian anggur itu akan mengoyakkan kantong itu, .... Tetapi anggur yang baru hendaknya disimpan dalam kantong yang baru pula.

Ayat Bacaan: Mrk. 2:22; Ef. 3:17; Kis. 5:32

Kita tidak hanya membutuhkan pakaian yang menutupi tubuh kita, tetapi juga suplai makanan dan minuman untuk kelangsungan hidup kita. Demikian pula dalam hal rohani. Kristus bukan hanya jubah yang baru untuk kita kenakan sebagai kebenaran kita, Dia juga adalah anggur baru untuk menyuplai kita di batin (Mrk. 2:22). Anggur yang baru dalam Markus 2:22 melambangkan Kristus yang telah bangkit sebagai Roh itu untuk perawatan batiniah kita. Sebagai anggur yang baru, Kristus memberi kita tenaga, kekuatan, semangat, dan sukacita sehingga kita dapat mengikuti dan melayani Dia.
Berdoa dan mengaku dosa dengan tuntas merupakan cara terbaik untuk dipenuhi dengan anggur yang baru. Ketika kita sedang sibuk dengan pekerjaan kita, kita masih perlu mencari waktu sejenak secara pribadi berlutut di hadapan Tuhan, dengan tuntas memanjatkan doa dan mengaku dosa. Kita dapat berkata kepada Tuhan “Ya Tuhan, hari ini aku ingin dengan tuntas mengaku dosa di hadapan-Mu, ingin mengakui semua dosa-dosaku. Mohon terang-Mu menerangi aku!” Kita perlu belajar mengikuti perasaan atau terang Tuhan, satu per satu dosa kita diakui di hadapan Tuhan sampai tidak ada yang bisa diakui lagi. Doa yang demikian pasti membuat Roh itu memenuhi kita (Ef. 3:17).
Seberapa banyak Kristus sebagai anggur baru memenuhi kita tergantung pada seberapa banyak ruang yang kita berikan kepada-Nya. Semakin banyak ruang yang tersedia di dalam kita, Kristus akan semakin banyak memenuhi kita. Sama seperti seberapa banyak udara yang dapat memenuhi botol, tergantung seberapa banyak ruang yang kosong. Kalau di dalam botol itu separuhnya sudah terisi air, udara hanya akan memenuhi separuh dari botol itu. Namun semakin banyak air yang dikeluarkan dari botol itu, semakin banyak udara akan memenuhinya. Dengan prinsip yang sama, semakin kita membuang keluar semua kecemaran dosa, semakin membersihkan segala hal-hal najis di dalam kita, Kristus sebagai anggur baru semakin memenuhi kita. Hanya apabila batin kita dipenuhi secara demikian, kita dapat memiliki tenaga, kekuatan, semangat dan sukacita dalam mengikuti dan melayani Tuhan kita (Kis. 5:32).

No comments: