Hitstat

21 May 2008

Markus Volume 4 - Minggu 2 Kamis

Perlu Menjadi Pelayan dari Kaum Beriman
Roma 12:6a
Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut anugerah yang diberikan kepada kita.

Ayat Bacaan: Rm. 12:6; 1 Ptr. 4:10

Dalam Perjanjian Lama, pelayanan rohani di antara umat Allah merupakan milik dari sekelompok orang tertentu. Namun di dalam Perjanjian Baru, Tuhan menghendaki kita saling melayani seorang terhadap yang lain. Hal ini dimungkinkan karena menurut Roma 12:6, kita semua memiliki karunia-karunia yang berbeda-beda menurut anugerah yang diberikan kepada kita. Ini menunjukkan bahwa semua anggota Tubuh Kristus memiliki karunia. Setiap kita pasti mempunyai karunia tertentu, tetapi masalahnya karunia tersebut seringkali tidak digunakan.
Menurut 1 Petrus 4:10, kaum beriman adalah pengurus dari berbagai anugerah Allah. Melayani kaum beriman dengan secangkir air dingin adalah salah satu aspek dari anugerah. Membersihkan ruang pertemuan ibadah dan mempersiapkan kursi-kursi bagi kaum beriman untuk duduk, adalah anugerah Allah yang lainnya. Jika seorang saudara sakit, dan kita pergi untuk berdoa dengannya, itu juga masih aspek kasih karunia yang lainnya. Apabila setiap anggota Tubuh Kristus melayani menurut karunia yang ia miliki, maka akan ternyata bahwa anugerah Allah itu berlipat ganda.
Pada satu pihak, kita adalah anggota-anggota Tubuh Kristus, dan pada pihak lain kita adalah pelayan-pelayan Allah. Pelayan-pelayan adalah orang yang mempunyai tugas untuk melayankan sesuatu kepada orang lain, menyuplai orang lain dengan keperluan-keperluan tertentu. Berbagai pelayanan praktis di dalam gereja seharusnya juga merupakan fungsi dari kaum beriman. Jika kita menyewa tukang sapu untuk membersihkan ruang pertemuan ibadah kita, hal itu akan menciptakan satu jenis keadaan. Tetapi jika semua kaum beriman datang untuk memperhatikan pekerjaan pembersihan di ruangan tersebut dengan banyak berdoa, hal ini akan membuat suatu perbedaan yang besar. Jangan meremehkan pelayanan praktis apa pun dalam gereja.
Dewasa ini hampir sembilan puluh persen orang Kristen sejati menolak menggunakan karunianya. Ini sungguh serius! Tidak peduli apa pun juga yang kita lakukan untuk melayani kaum beriman, jika kita sungguh-sungguh melakukannya di dalam roh, anugerah tentu akan menyertai kita.

No comments: