Hitstat

23 July 2011

1 Korintus - Minggu 19 Sabtu

Pembacaan Alkitab: 1 Kor. 3:1-3, 6-7; 2:14


Jika kita memperhatikan sejarah bangsa Israel, kita tidak akan dikecewakan oleh diri kita sendiri. Sebaliknya, kita akan menyadari bahwa kita dapat dibandingkan dengan ulat dalam kepompong yang mengalami proses transformasi. Jangan kecewa, tetapi sembahlah Tuhan dalam "kepompong" Anda. Kita semua adalah "ulat" yang mengalami pekerjaan transformasi ilahi. Lebih maju pekerjaan ini, kita semakin keluar dari kepompong kita. Beberapa orang muda mungkin hanya memiliki sedikit bagian yang terlepas dari kepompong, sedangkan orang kudus lain memiliki persentasi yang lebih besar yang berada di luar kepompong. Puji Tuhan bahwa ulat ditransformasi dan kepompong itu lama kelamaan hilang! Ini adalah keadaan yang sesungguhnya dalam kehidupan gereja dalam pemulihan Tuhan.

Kita yang ada dalam pemulihan Tuhan perlu bertumbuh dalam hayat. Bertumbuh berarti keluar dari kepompong. Bertumbuh dalam hayat juga berarti menggantikan generasi yang lama dan diperbarui dalam pikiran, emosi, dan tekad kita. Ini menyangkut transformasi. Transformasi merupakan masalah mengganti generasi yang lama, manusia lama, dan mengenakan generasi baru, manusia baru. Ini sepenuhnya keluar dari kepompong dan dilepaskan sebagai kupu-kupu.

Hari ini kita menikmati Kristus, tetapi kita belum memiliki Dia sebagai tanah yang almuhit. Jika kita ingin memiliki Kristus secara demikian, manusia lama kita harus dimatikan, dan manusia baru harus datang. Puji Tuhan bahwa manusia lama dimatikan dari hari ke hari! Kebanyakan dari kita dapat bersaksi bahwa sejak kita datang ke pemulihan Tuhan, di dalam kita terjadi perubahan. Perubahan ini adalah mematikan manusia lama kita dan menumbuhkan manusia baru. Ini adalah transformasi, pertumbuhan dalam hayat.

Ketika beberapa orang kudus mendengar soal pertumbuhan hayat, mereka mungkin berkata, "Aku telah bertahun-tahun berada dalam pemulihan Tuhan, tetapi aku tidak merasa ada pertumbuhan di dalamku." Jika perasaan Anda demikian, saya mendorong Anda untuk membandingkan keadaan Anda pada hari ini dengan keadaan Anda beberapa tahun yang lalu. Jika Anda membandingkannya, saya percaya Anda akan menyembah Tuhan dan bersyukur kepada-Nya untuk apa yang telah Dia kerjakan di dalam Anda. Anda akan memuji Dia atas fakta bahwa kupu-kupu, diri Anda yang baru, perlahan-lahan telah keluar dari kepompongnya. Puji Tuhan kita sedang bertumbuh! Dengan bertumbuh dan mengalami pengubahan, kita menyingkirkan manusia lama dan mengenakan manusia baru.

Namun, kita harus berhati-hati, jangan mencoba merobek kepompong kita sendiri. Melakukan hal ini berarti merusak. Kepompong melindungi kita ketika kita sedang bertumbuh dalam hayat. Jangan pernah mencoba menarik keluar kepompong tanpa adanya pertumbuhan hayat yang tepat. Allah memberi tahu bangsa Israel bahwa Ia tidak akan mengusir bangsa Kanaan sekaligus. Jika tidak, binatang-binatang liar akan menyerang mereka. Allah bahkan menggunakan orang-orang Kanaan sebagai perlindungan bagi bangsa Israel. Ini menunjukkan bahwa kita tidak seharusnya mencoba menanggulangi manusia lama kita lepas dari pertumbuhan hayat. Saya ulangi, jangan sekali-kali mencoba merobek kepompong Anda. Sebaliknya, tempuhlah kehidupan gereja yang normal dalam pemulihan Tuhan. Jika Anda melakukan hal ini, Anda akan dijamin bertumbuh dalam hayat dengan stabil.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Korintus, Buku 3, Berita 48

No comments: