Hitstat

12 April 2012

2 Korintus - Minggu 29 Kamis

Pembacaan Alkitab: 2 Kor. 13:11-13


Dalam 2 Korintus 13:13 kita memiliki berkat tiga ganda: "Anugerah Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian." Berkat tiga ganda ini melibatkan Allah Tritunggal, karena di sini kita memiliki kasih karunia (anugerah) Kristus Putra, kasih Allah Bapa, dan persekutuan Roh Kudus.

Membicarakan kasih Allah, kasih karunia Kristus, dan persekutuan Roh Kudus itu sebenarnya membicarakan bahwa kasih itu adalah Allah, kasih karunia adalah Kristus, dan persekutuan adalah Roh Kudus. Jadi, kita memiliki Allah Bapa sebagai kasih, kita memiliki Allah Putra sebagai kasih karunia, dan kita memiliki Allah Roh sebagai persekutuan. Ini berarti kita memiliki Allah Tritunggal secara langsung sebagai kenikmatan kita. Yang kita miliki itu bukan hanya satu berkat dari Dia atau oleh Dia saja.

Berkat yang sesungguhnya dalam Perjanjian Baru adalah Allah Tritunggal itu sendiri. Seperti yang telah kita tunjukkan, berkat ini merupakan satu berkat tiga ganda dari kasih, kasih karunia, dan persekutuan. Dengan kasih sebagai sumbernya, kasih karunia sebagai alirannya, dan dengan persekutuan sebagai transmisinya, Allah Tritunggal mencapai kita untuk menjadi hayat kita, suplai hayat kita, dan kenikmatan kita. Sekarang kita dapat menikmati Allah Tritunggal sepanjang hari dengan riil. Inilah berkat kita yang unik dalam Perjanjian Baru.

Kasih karunia Tuhan adalah Tuhan sendiri sebagai hayat kita untuk kenikmatan kita (Yoh. 1:17; 1 Kor. 15:10); kasih Allah adalah Allah sendiri (1 Yoh 4:8, 16) sebagai sumber kasih karunia Tuhan; dan persekutuan Roh itu adalah Roh itu sendiri sebagai transmisi dari kasih karunia Tuhan dengan kasih Allah untuk partisipasi kita. Ini bukan tiga perkara yang terpisah, tetapi tiga aspek dari satu hal, sama seperti Tuhan, Allah, dan Roh Kudus bukan tiga Allah yang terpisah, tetapi tiga "substansi (hypostases) dari satu Allah yang sama, tidak terpisah, dan tidak tercerai" (Philip Schaff). Kasih Allah adalah sumber, karena Allah adalah asal mulanya; kasih karunia Tuhan adalah aliran kasih Allah, karena Tuhan adalah ekspresi Allah; persekutuan Roh adalah penyaluran kasih karunia Tuhan beserta kasih Allah, karena Roh adalah transmisi Tuhan beserta Allah, bagi pengalaman dan kenikmatan kita akan Allah Tritunggal -- Bapa, Putra, dan Roh Kudus beserta kebajikan-kebajikan ilahi Mereka. Di sini kasih karunia Tuhan disebutkan lebih dulu karena kitab ini menekankan kasih karunia Kristus (2 Kor. 1:12; 4:15; 6:1; 8:1, 9; 9:8, 14; 12:9). Kaum beriman Korintus yang diselewengkan dan ditipu tetapi yang kemudian dihibur dan dipulihkan, memerlukan atribut-atribut ilahi dari ketiga kebajikan ini: kasih, kasih karunia, dan persekutuan; juga memerlukan Allah Tritunggal dari ketiga substansi ilahi ini: Bapa, Putra, dan Roh itu. Karena itu, rasul menggunakan semua hal yang ilahi dan berharga ini dalam satu kalimat untuk menutup suratnya yang manis dan akrab.


Sumber: Pelajaran-Hayat 2 Korintus, Buku 3, Berita 59

No comments: